Home Economy & Business Ekonomi China Diprediksi Tumbuh 7,8 Persen di Tahun 2014

0 412

Perekonomian China diprediksi akan mengalami pertumbuhan hingga 7,8 persen pada tahun 2014. Hasil bisa diperoleh jika semua rencana reformasi ekonomi yang telah diusulkan dapat terlaksana dan ekonomi pasar global menunjukkan pemulihan yang lebih kuat.

Menurut National Academy of Economic Strategy under the Chinese Academy of Social Sciences (CASS) seperti yang dilansir China Economic Net, pemerintah China harus waspada terhadap sejumlah isu domestik. Mereka mengatakan, bila pemerintah China masih menggunakan strategi ekonomi lama, kemungkinan masalah yang terus menghambat pertumbuhan ekonomi di tahun 2013 akan semakin berat.

Selain itu, ekonom dari CASS memperingatkan bahwa ada bahaya dari besarnya tekanan pertumbuhan ekonomi domestik pada tahun 2014. Bahaya tersebut antara lain kurang efektifnya investasi baru pada sektor infrastruktur publik, berlebihnya kapasitas produksi di sejumlah industri besar, lemahnya pertumbuhan belanja konsumen, dan terus membengkaknya utang pemerintah daerah hingga mendekati tingkat yang mengkhawatirkan.

Banyak ekonom mengatakan, China kemungkinan besar akan mengalami pertumbuhan GDP hingga 7,5 persen dan kenaikan inflasi sebesar 3,5 persen pada tahun 2014. Namun, mereka khawatir dalam jangka panjang pertumbuhan investasi di China akan menjadi tidak efektif.

Laporan dari CASS mengatakan bahwa pemerintah China sedang berupaya untuk menstabilkan pertumbuhan ekonomi untuk mendukung investasi aset tetap yang merupakan kekuatan utama untuk mendorong laju pertumbuhan GDP pada kuartal ketiga 2013 yang sebesar 7,8 persen.

Laporan tersebut juga menyarankan perlunya pengendalian investasi oleh pemerintah dengan terus melaksanakan kebijakan moneter secara hati-hati untuk menstabilkan pertumbuhan ekonomi dalam jangka pendek.

Sementara itu, peningkatan pajak, promosi pengembangan kota-kota kecil dan menengah, dan penguatan dukungan ekspor akan menjadi hal penting untuk restrukturisasi ekonomi.

Laporan dari CASS ini memperkirakan tingkat pertumbuhan aset tetap di China akan melambat menjadi 20,1 persen pada tahun 2014 atau turun dari perkiraan di tahun 2013 yang sebesar 20,3 persen.

Fan Jianping, kepala ekonom dari Pusat Informasi Negara mengatakan tingkat pertumbuhan investasi dapat melambat hingga 17 persen pada tahun 2014, karena terus naiknya suku bunga pinjaman untuk biaya pendanaan modal.

Selain itu, pertumbuhan konsumsi juga cenderung lebih lambat pada tahun 2014 karena lemahnya permintaan pasar. Hal ini diprediksi akan mengurangi pertumbuhan GDP China dan juga perlambatan pertumbuhan ekonomi China kemungkinan masih akan terus terjadi karena masih menghadapi pelemahan permintaan barang dan keterbatasan sumber daya lingkungan.

Namun jika restrukturisasi ekonomi yang sedang disusun dalam China’s Central Economic Work Conference yang dibuka hari ini dapat memberikan terobosan dan perubahan pola pertumbuhan ekonomi, maka ekonomi China dapat tumbuh 7,8 persen pada tahun 2014.

(ra/JA/vbn)

NO COMMENTS

Leave a Reply