Pemerintah Akan Mengoptimalkan Lahan Hutan Untuk Pertanian

222

(Berita Daerah – Nasional) Presiden Jokowi mengundang Dirut Perhutani, Gubernur Jawa Tengah dan UGM untuk melakukan riset mengenai pengoptimalan kawasan hutan khususnya kawasan hutan di Jawa yang dikelola oleh Perhutani serta dalam meningkatkan produk-produk pertanian seperti Padi, Jagung dan Kedelai.

Gubernur Jateng memberikan presentasi kepada presiden mengenai apa yang akan dilakukan dan hasil studi yang telah dilakukan oleh UGM yang hasilnya cukup meyakinkan. Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan dalam pemberian pupuk, benih unggul dan alat-alat mekanisasi dan juga memperhatikan kesejahteraan petani disekitar hutan.

Dirut Perhutani Mustoha sampaikan berkaitan dengan produktivitas pangan terutama  padi dan gandum maka akan dilakukan optimalisasi lahan-lahan pertanian seperti menanam di sela-sela tanaman pokok hutan. Saat ini Perhutani telah banyak menanam jagung disela-sela tanaman Jati serta telah menetapkan zona adaptif atau jarak tanaman  antara pohon Jati dilebarkan menjadi tiga bagian 8×2 m, 6x2m dan 10x2m dari sebelumnya 3x3m.

Read more

Mark/Jurnalis/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
Image : bd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here