Pemerintah Siapkan LRT Pengganti Monorel

393

Presiden kembali menggelar rapat sore ini Kamis (19/3) dengan para pemimpin BUMN diantaranya PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Adhi Karya Tbk, PT Wijaya Karya Tbk, PT Perkebunan Nusantara VIII, PT INKA, dan PT Jakarta Propertindo turut mendampingi Menteri BUMN. Rapat membahas terkait transportasi massal yang akan dibangun untuk menghubungkan antar kota dari Jakarta-Bogor, Jakarta-Bekasi & Jakarta-Tangerang.

Proyek yang akan mengintegrasikan sistem transportasi di Indonesia ini rencana akan memakan biaya sebanyak Rp 250 miliar per kilometer dengan jarak sepanjang 15 kilometer. Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan ini merupakan pengganti dari proyek monorel.

LRT salah satu sistem kereta api penumpang yang beroperasi di kawasan perkotaan yang konstruksinya ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus yang disebut tram, dan pengoperasiannya secara otomatis tanpa masinis, akan diintegrasikan juga dengan Mass Rapid Transit (MRT). Saat ini proyek masih dalam kajian dan merupakan bagian pengembangan inner city transport ungkap Rini Soemarno Menteri BUMN.

Rully/Senior Analyst at Vibiz Research/VMN/VM
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here