Masalah Pengangguran Di Italia Masih Menjadi Momok, Jerman Lebih Baik

513

Euro Area atau kawasan euro adalah kawasan dimana semua negara yang tergabung di dalamnya menggunakan mata uang Euro dalam melakukan transaksi sehari-hari. Jerman dan Italia adalah 2 (dua) negara yang cukup memiliki pengaruh besar bagi perekonomian di kawasan euro secara khusus dan global secara umum.

Berdasarkan laporan dari Badan Tenaga Kerja Federal hari Selasa (31/3/2015), tingkat pengangguran di Jerman di bulan Maret berhasil catat rekor terbaiknya. Pasalnya, tingkat pengangguran bulanan di negara ini dilaporkan turun menjadi 6,4 persen pada Maret dari sebesar 6,5 persen di bulan sebelumnya, bulan Februari. Berdasarkan data, jumlah karyawan yang memutuskan resign dari pekerjaannya mencatat penurunan menjadi sebanyak 15.000,  lebih besar dari yang diharapkan para ekonom sebelumnya yaitu 12.000.

Prestasi ini berbeda dengan yang dialami Italia. Di kala Jerman tunjukkan perbaikan pada pasar tenaga kerjanya, Italia justru sebaliknya, masih terus bermasalah dengan tingkat pengangguran yang cukup tinggi. Dapat dilihat grafik tingkat pengangguran keduanya pada grafik dibawah ini:

 

Read more

Stephanie Rebecca/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here