Home Articles Of The Week Meski Skor PMI Melambat, Sektor Jasa Inggris Tetap Menjadi Unggulan

0 933

 Sebelumnya, Kantor Statistik Nasional Inggris melaporkan bahwa laju pertumbuhan domestik bruto (PDB) Inggris pada kuartal kedua tahun 2015 ini lebih banyak disumbangkan oleh kinerja positif di sektor jasa. Sebagai informasi saja, selama ini sektor jasa di negara ini memang kerap memberikan kontribusi positif terhadap laju PDB. Laju pertumbuhan perusahaan-perusahaan jasa di negara ini pun tercatat melejit pada bulan Agustus lalu, hal ini semakin menguatkan sinyal bahwa laju pemulihan ekonomi Inggris cukup kuat untuk berlanjut hingga semester kedua tahun 2015 ini.

Sayangnya, berdasarkan hasil survey PMI jasa Inggris pada bulan Agustus lalu justru sebaliknya menunjukkan hasil yang cukup mengecewakan. Pasalnya pada Juli lalu skor PMI jasa Inggris berakhir pada level 55,6 dari level 57,4 yang tercatat dibulan sebelumnya. Skor PMI Agustus lalu juga tentu masih dibawah ekspektasi ekonom yang sebelumnya memprediksi PMI Jasa Inggris untuk bulan Agustus akan berakhir pada level 57,7. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

 United Kingdom Services PMI

Pertumbuhan yang tercatat pada sektor jasa Inggris pada Agustus lalu memang menurun tak terduga memasuki bulan keduanya berturut-turut bahkan hingga menyentuh level terendahnya dalam kurun lebih dari dua tahun terakhir. Menukik tajamnya skor PMI jasa Inggris pada bulan lalu ini disebabkan oleh pertumbuhan bisnis baru di bidang ini sedang kurang diminati. Namun demikian, sejauh ini sektor jasa di Inggris masih bertahan pada fase ekspansi karena masih memenuhi syarat skor PMI minimal 50.

Sejatinya fase ekspansi di sektor jasa Inggris ini sudah tercatat selama 32 bulan berturut-turut. Masih kokohnya sektor jasa Inggris hingga bulan lalu pada fase ekspansi cukup memberikan dampak positif pada pasar tenaga kerja dimana hingga bulan lalu perusahaan jasa di negara ini masih mampu merekrut lebih banyak pegawai bahkan tercatat pada laju yang lebih cepat dari yang tercatat dibulan Juli, meski tingkat penciptaan lapangan kerja dibulan Agustus lalu lebih lambat dari yang terdaftar pada semester pertama 2015.

Meski melambat, sejauh ini sektor jasa Inggris saat ini berhasil mencapai pertumbuhan yang sehat dengan perusahaan menjadi lebih menguntungkan, dipicu oleh kenaikan pada volume bisnis. Perusahaan-perusahana masih mencoba untuk berinvestasi pada orang dan modal, terutama sektor IT yang akan membantu mereka dalam menggunakan teknologi baru dan menaikkan produktivitas, Sektor jasi masih cukup menjadi andalan bagi ekonomi Inggris, berbeda dengan aktivitas manufaktur Inggris yang telah mengecewakan sepanjang tahun 2014 lalu hingga saat ini dan performa sektor perdagangan Inggris yang masih belum  cukup baik. 

 

 

 

Stephanie Rebecca/VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Sitomorang

NO COMMENTS

Leave a Reply