Harapan Penguat Fundamental Euro Pekan Ini

143

Pekan ini ada beberapa pertemuan penting di kawasan Euro yang biasanya hasilnya dapat mempengaruhi pergerakan mata uang kawasan tersebut. Event pertama sejak hari Senin (9/11) para Menteri Keuangan dari negara-negara anggota Uni-Eropa mengadakan pertemuan ECOFIN di Brussels, Belgia.

Dalam pertemuan tersebut, petinggi keuangan negara-negara yang hadir mendiskusikan seputar isu keuangan seperti mekanisme pendukung Euro dan keuangan pemerintah negara anggota kawasan. Pertemuan biasanya tertutup, namun ada saja para petinggi-petinggi keuangan  yang berbicara saat diwawancarai oleh media usai acara atau disela-sela acara. 

Selain itu juga diadakan pertemuan Komite Ekonomi dan Moneter ECB di tempat yang sama pada hari Kamis (12/11) dan sebelum event tersebut Presiden ECB melakukan press conference mengenai isyu materi yang didiskusikan dan juga diharapkan menyampaikan pernyataan yang memperkuat kurs Euro.

Dari pertemuan ini dan pernyataan yang dibuat oleh pejabat keuangan terkait dapat mempengaruhi pergerakan kurs Euro yang sudah 4 pekan berturut alami pelemahan mingguan. Pelemahan kurs Euro ini terjadi oleh rencana ECB akan menambah stimulus ekonominya akhir tahun akibat inflasi yang rendah dan sulit mencapai target yang diharapkan.

Secara teknikal, sejak pertengahan Oktober lalu pergerakan pair ini sangat rentan dan telah alami pelemahan yang cukup dalam hingga 650 pips. Selain itu nilai  Euro pekan ini merupakan nilai paling rendah dalam 7 bulan. 

 

 

Joel/VMN/VBN/senior Analyst Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here