Bisnis Ritel Italia Bulan Terakhir Terburuk Dalam 3 Bulan

161

Kantor statistik nasional Italia-Istat pada hari ini (25/11) melaporkan kinerja yang buruk pada bisnis ritelnya pada bulan September setelah 2 bulan sebelumnya berhasil bangkit dari kontraksi sektor ini yang sepanjang tahun hanya alami peningkatan 4 bulan. Turunnya kinerja penjualan sektor ritel disebabkan turunnya penjualan produk makanan.

Penjualan bisnis peritel di Italia mengalami penurunan sebesar 0,1 persen secara bulanan di bulan September 2015, terkontraksi dari  kenaikan 0,2 persen kinerja penjualan pada bulan sebelumnya. Ini adalah penurunan pertama dalam tiga bulan terakhir karena  penjualan  produk makanan turun sebesar 0,1 persen.

Italy Retail Sales MoM

Sementara itu Istat juga melaporkan kinerja penjualan sektor ini secara tahunan yang meningkat 1,5  persen dari kinerja penjualan bulan Agustus 1,3 persen. Dan selama tiga bulan hingga bulan September bisnis  penjualan ritel meningkat 0,2 persen dari kuartal sebelumnya.

Namun pada waktu yang sama kinerja penjualan produk industri negara Italia bulan tersebut berhasil mengurangi kontraksi data sebelumnya dan terlihat juga dari data pesanan produk-produk industri pada bulan yang sama meningkat dari kontraksi -5,2 menjadi -2 indeks poin.

 

 

H Bara/VMN/VBN/Senior Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here