Data Perdagangan Tiongkok Bantu Dollar Unjuk Kekuatannya Lagi

267

Pergerakan dollar AS yang telah rally selama 3 hari berturut sebelumnya pada perdagangan sesi Eropa sore ini berada pada jalur rally 4 hari berturut. Sentimen positif pasar datang dari data perdagangan luar negeri Tiongkok bulan Desember yang mencetak pertambahan surplusnya dari bulan sebelumnya.

Positifnya data perdagangan negara ekonomi besar kedua yang dirilis pagi tadi oleh kantor administrasi Bea dan Cukai Tiongkok semakin memudarkan kekhawatiran pasar global terhadap Tiongkok. Pudarnya kekhawatiran tersebut memberikan dorongan bagi dollar untuk menguat tinggi setelah akhir tahun the Fed menaikkan  suku bunganya.

Selain itu reboundnya harga minyak mentah dunia dari posisi harga minyak terendah sejak bulan Desember 2003 hingga perdagangan sore ini ikut menambah tenaga bagi dollar untuk melanjutkan kekuatannya.

Malam ini tidak ada data yang signfikan akan menggerakkan dollar AS, namun hanya data beige book yang dirilis the Fed dan juga data budget pemerintah federal AS oleh Departemen Keuangan Amerika Serikat. Untuk budget pemerintah diperkirakan akan kembali alami defisit anggaran.

Untuk pergerakannya di pasar spot terkini, indeks dollar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap rival utamanya bergerak kuat  setelah dibuka kuat  pada 98,93  awal sesi Asia, dan  kini bergerak pada kisaran 99,18 (04:00:00 GMT). Untuk pergerakan selanjutnya analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks bergerak dalam kisaran resisten pada 99,26-99,62 dan kisaran support 98,55-98,20.

 

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here