Persaingan Uber vs Didi Kuaidi

395

Uber mengatakan divisinya di Tiongkok yang telah menggalang pembiayaan untuk meningkatkan operasi perusahaan senilai $ 7 miliar. CEO Uber, Travis Kalanick, membahas dana baru tersebut pada konferensi pers di Beijing, Senin kemarin.

Pendukung Uber Tiongkok termasuk HNA Group, operator terbesar keempat maskapai Tiongkok; China Taiping Insurance Holdings; Guangzhou Automobile Group; China Life Insurance, perusahaan asuransi terbesar bangsa; dan Citic Securities, sebuah bank investasi Tiongkok. Uber telah mencari seseorang untuk menjalankan operasinya di Tiongkok untuk beberapa bulan tetapi belum menemukannya. Liu Zhen, yang melaporkan langsung ke Kalanick, akan terus menjalankan bisnis sementara itu.

Uber melawan pesaing lokal di seluruh dunia. Tidak ada kompetisi lebih keras dari di Tiongkok, di mana Uber menghadapi Didi Kuaidi. Perusahaan ini didukung oleh Alibaba dan Tencent, dua perusahaan teknologi paling bergengsi di negara itu. Uber dan Didi Kuaidi sama-sama berkembang secara agresif untuk perluasan, sebagian dengan subsidi biaya perjalanan. Dalam sebuah surat kepada investor pada tahun 2015, Kalanick berkomitmen untuk menghabiskan $ 1 milyar per tahun yang di Cina. Ini mungkin telah melampaui angka itu.

Didi Kuaidi mengatakan pada hari Senin bahwa itu diselesaikan 1,43 miliar perjalanan di tahun 2015. Uber mengatakan peningkatan pangsa pasar mobil pribadi di Cina untuk 30 persen atau 35 persen dari akhir 2015, dari 1 persen pada Januari 2015. (Informasi melaporkan angka yang sama sebelumnya pada Senin.) Didi Kuaidi mengatakan memegang 87,2 persen dari pasar mobil pribadi Cina, menghubungkan bentuk untuk sebuah perusahaan riset Cina.

Sebuah babak baru pembiayaan memberi Didi Kuaidi valuasi $ 16,5 miliar, seseorang yang akrab dengan masalah tersebut pada bulan September. Uber, yang memiliki saham mayoritas di Uber Cina, terakhir senilai $ 62,5 miliar, orang yang akrab dengan masalah tersebut pada bulan Desember. Uber China $ 7 miliar valuasi tidak termasuk kas baru. Juru bicara Uber menolak untuk mengomentari berapa banyak diinvestasikan dalam putaran, bagian mana dari investasi telah ditutup, dan berapa banyak perusahaan AS telah berkomitmen untuk berinvestasi di cabang Cina.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang
image : wikipedia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here