Suku Bunga AS Tetap, The Fed Perkirakan Dua Kali Kenaikan Tahun 2016

62444
Federal Reserves AS mempertahankan suku bunga tetap dan mengeluarkan pernyataan dovish Kamis dinihari tadi, yang memangkas perkiraan jumlah kenaikan suku bunga tahun 2016 dan 2017.
 
Jika pada pertemuan bulan Desember The Fed AS memproyeksikan empat kenaikan suku bunga pada tahun 2016, maka pada perkiraan baru yang dirilis dinihari tadi, jumlah tersebut dipangkas menjadi dua. Pejabat Fed juga memangkas perkiraan mereka untuk pertumbuhan ekonomi dan inflasi.
 
Selain hanya dua kenaikan tingkat suku bunga tahun ini, Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) juga memproyeksikan hanya dua kenaikan pada tahun 2017, menurut Ringkasan Proyeksi Ekonomi terbaru.
 
Tingkat suku bunga saat ini adalah 0,25 hingga 0,5 persen, dan pejabat Fed memperkirakan pada bulan Desember tingkat suku bunga atas meningkat menjadi 1,4 persen pada akhir tahun ini. Dengan proyeksi baru, FOMC saat ini menyatakan kenaikan tingkat suku bunga hanya 0,9 persen pada tahun 2016 dan kenaikan 1,9 persen pada akhir 2017, yang mencerminkan pemotongan setengah persentase poin.
The Fed juga memangkas prospek pertumbuhan PDB untuk 2016 dari 2,4 persen menjadi 2,2 persen dan mengurangi untuk tahun 2017 dari 2,2 persen menjadi 2,1 persen.
 
united-states-interest-rate (3)
 
Meskipun komentar umum terbaru dari beberapa anggota yang menunjukkan bahwa kenaikan suku bunga adalah tepat, FOMC menyetujui keputusan dengan skor 9-1. Hanya Fed Kansas City Esther George berbeda pendapat; dia ingin menaikkan suku pada pertemuan ini.
 
 
Dalam pernyataan itu, pejabat The Fed mereferensikan “perkembangan global dan keuangan yang terus menimbulkan risiko,” bahasa yang kontras dengan pernyataan Desember, yang mengatakan panitia hanya “memantau” kondisi tersebut.
 
Komite melihat pengeluaran rumah tangga “meningkat pada tingkat yang moderat,” sementara perumahan “telah meningkat lebih lanjut.” Pernyataan itu tidak mengatasi “keseimbangan risiko” masalah termasuk mengikuti beberapa pertemuan sebelumnya.
Meskipun proyeksi tingkat agresif Fed pada pertemuan Desember, pedagang berjangka telah menahan lintasan lebih lambat untuk jalur kenaikan suku bunga. Akibatnya, pasar bergerak sedikit setelah keputusan Fed, kecuali untuk penurunan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga bulan Juni.
 
Komite juga yakin inflasi akan ditarik ke arah tujuan 2 persen dan lebih rendah sekarang karena sebagian besar untuk penurunan harga energi. Tapi proyeksi ekonomi menunjukkan beberapa kuatir tentang laju pertumbuhan saat ini.
 
 
Perubahan perkiraan inflasi terbelah: anggota Komite melihat tekanan inflasi, yang meliputi volatil biaya makanan dan energi, 1,2 persen pada akhir tahun ini, sedikit lebih rendah dari tingkat saat ini dan turun dari estimasi Desember 1,6 persen.
 
Tingkat pengeluaran konsumsi pribadi inti masih diharapkan menjadi 1,6 persen pada akhir tahun ini, konsisten dengan proyeksi Desember. Proyeksi inflasi inti untuk 2017 juga dibawa turun dari 1,9 persen menjadi 1,8 persen.
 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here