Bursa Wall Street Turun Tipis, Data Ekonomi Dan Pidato Pejabat Fed Dicermati

192

Bursa Saham AS ditutup melemah pada akhir perdagangan hari Senin dalam perdagangan volume rendah karena investor menunggu indikasi lebih lanjut terkait waktu kenaikan suku bunga AS berikutnya.

Investor menantikan rilis data ekonomi seperti pesanan barang tahan lama dan revisi kedua PDB kuartal pertama dalam seminggu ini, di samping beberapa pidato dari para pembuat kebijakan Fed. Sebelumnya pada Senin, data indeks markit PMI manufaktur flash datang di 50,5 pada Mei, turun dari 50,8 pada bulan April.

Ketua Fed Janet Yellen akan berbicara Jumat sore, dan berbicara lagi pada 6 Juni. Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker, seorang anggota alternatif, dijadwalkan untuk berbicara awal Senin malam.

Indeks saham utama rata-rata menyerahkan keuntungan untuk menutup sedikit lebih rendah, dengan indeks Dow Jones ditutup sekitar 7 poin lebih rendah setelah sebelumnya naik hampir 50 poin.

Indeks S & P 500 turun dengan sektor utilitas menutup hampir 1 persen lebih rendah untuk memimpin 8 sektor yang menurun. Sektor material ditutup lebih dari 1 persen lebih tinggi, dibantu oleh keuntungan dari 4,4 persen di saham CF Industries dan Monsanto.

Pembuat obat Jerman Bayer menawarkan $ 122 per saham secara tunai untuk benih dan bahan kimia pembuat Monsanto. Kesepakatan ini bernilai total $ 62000000000, termasuk asumsi utang, dan premi lebih dari 20 persen di atas penutupan saham Monsanto Jumat $ 101,52 per saham.

Lihat : Bursa Wall Street Akhir Pekan Naik; Dow Jones Mingguan Turun

Di sisi lain, pembuat pupuk AS CF Industries dan saingan Belanda OCI NV mengakhiri perjanjian merger pada hari Senin, mengikuti langkah Treasury AS untuk mengekang pajak menghindari penawaran inversi, kata Reuters.

Saham Apple menutup sesi tertinggi tetapi masih lebih dari 1 persen lebih tinggi setelah Economic Daily Taiwan melaporkan Senin bahwa Apple meminta pemasoknya untuk membuat iPhone 7s lebih dari yang diharapkan. The VanEck Vektor Semiconductor ETF (SMH) ditutup 0,65 persen lebih tinggi, dipimpin oleh keuntungan di Micron Technology, Qorvo dan Skyworks Solutions.

Keuntungan diimbangi oleh penurunan saham Microsoft, Facebook, Amazon.com dan Alphabet, yang membebani indeks komposit Nasdaq saat ditutup. IShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB) ditutup tertinggi sesi, naik 0,7 persen.

Sebelumnya Senin, Presiden Fed St Louis James Bullard, anggota voting dari Komite Pasar Terbuka Federal, mengatakan pasar tenaga kerja yang ketat dapat menempatkan tekanan ke atas pada AS inflasi, mendukung untuk tingkat suku bunga yang lebih tinggi.

Secara terpisah, Presiden Fed San Francisco John Williams, anggota non-voting,  mengatakan Senin pagi bahwa mungkin ada dua atau tiga kenaikan suku bunga tahun ini, dan mungkin tiga atau empat tahun ke depan.

Selama akhir pekan, anggota voting Presiden Fed Boston Eric Rosengren mengatakan kepada Financial Times bahwa “sebagian besar kondisi yang diletakkan pada risalah pertemuan pada saat ini tampaknya …hampir terpenuhi.”

Komentarnya diikuti Rabu lalu dari risalah pertemuan Fed yang mengindikasikan kenaikan suku bunga mungkin secepat Juni jika data membaik, dan komentar Kamis dari Presiden Fed New York William Dudley yang Juni memastikan akan adanya pertemuan.

Hasil Treasury diselenggarakan mixed, dengan yield 2 tahun lebih tinggi sekitar 0,90 persen dan yield 10-tahun rendah dekat 1,83 persen.

Indeks dolar AS itu sedikit lebih rendah, dengan euro dekat $ 1,122 dan yen sekitar ¥ 109,3 terhadap greenback.

Harga minyak mentah berjangka AS untuk pengiriman Juli berakhir turun 33 sen, atau 0,7 persen, pada $ 48,08 per barel. Minyak berada di bawah tekanan karena Iran berjanji untuk meningkatkan produksi, tapi dikupas kerugian setelah data menunjukkan penarikan persediaan pada pengiriman utama AS, kata Reuters.

Dalam berita perusahaan lain, Anthem dan Cigna secara pribadi berselisih terkait detail merger yang direncanakan $ 48000000000, menurut laporan Wall Street Journal. Berita ini muncul sebagai dua perusahaan asuransi kesehatan berupaya untuk mendapatkan persetujuan peraturan untuk kesepakatan mereka.

Saham Cigna ditutup 3,9 persen lebih rendah, atau lebih dari 7 persen lebih rendah selama 12 bulan terakhir. Anthem ditutup sekitar 1,9 persen lebih rendah dan off hampir 19 persen selama 12 bulan terakhir.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 8,01 poin, atau 0,05 persen, di 17,492.93, dengan penurunan tertinggi saham Microsoft dan Procter & Gamble yang naik terbesar.

Indeks S & P 500 ditutup turun 4,28 poin, atau 0,21 persen, pada 2,048.04, dengan sektor utilitas memimpin delapan sektor yang lebih rendah dan sektor bahan dan konsumen yang naik.

Indeks Nasdaq ditutup turun 3,78 poin, atau 0,08 persen, pada 4,765.78.

Malam nanti akan dirilis data New Home Sales April yang diindikasikan meningkat. Analyst Vibiz Rsearch Center memperkirakan, jika hasil ini terealisir akan dapat menguatkan bursa Wall Street. Namun akan juga mencermati pergerakan bursa global dan harga minyak mentah yang dapat mempengaruhi pergerakan bursa Wall Street selanjutnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here