Indeks Shanghai 17 Juni Bergerak Flat, Kekuatiran Peningkatan Utang Membayangi

311
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Jumat (17/06), Indeks Shanghai bergerak flat, saat ini terpantau naik tipis 0,19 poin atau 0,01 persen pada 2873.01. Pergerakan Indeks Shanghai terdorong penguatan Wall Street namun masih dibayangi kekuatiran ekonomi domestik dan Brexit.

Lihat : Bursa Shanghai 16 Juni Berakhir Lemah Tertekan Pelemahan Yuan

Bursa Saham AS ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan hari Kamis di AS, mengakhiri penurunan beruntun lima hari didukung kenaikan tertinggi sektor telekomunikasi. Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 92,93 poin, atau 0,53 persen, di 17,733.10. Indeks S & P 500 ditutup naik 6,49 poin, atau 0,31 persen, pada 2,077.99. Indeks Nasdaq ditutup naik 9,98 poin, atau 0,21 persen, pada 4,844.91.

Lihat : Bursa Wall Street Akan Mencermati Minyak Mentah, Brexit dan Data Perumahan

Kekuatiran ekonomi domestik masih membayangi dengan disampaikannya utang negara Tiongkok mencapai dua kali lipat PDB Tiongkok oleh ekonom pemerintah negara tersebut.

Total pinjaman Tiongkok lebih dari dua kali lipat produk domestik bruto (PDB) tahun terakhir, ekonom pemerintah Tiongkok mengatakan, memperingatkan bahwa hubungan utang antara negara dan industri bisa “fatal” bagi perekonomian terbesar kedua di dunia ini.

Utang negara telah menggelembung setelah pemerintah Beijing telah mempermudah untuk mendapatkan kredit murah dan mudah dalam upaya untuk merangsang pertumbuhan melambat, mendorong belanja besar.

Lihat : Utang Tiongkok Capai $ 25,6 Triliun, Dua Kali Lipat PDB Tiongkok

Kekuatiran Brexit juga masih membayangi. Pada hari Rabu, Yuan sempat mencapai terendah lebih dari lima tahun terhadap dolar AS karena greenback menguat di tengah kekhawatiran bahwa Inggris dapat memilih untuk meninggalkan Uni Eropa di referendum 23 Juni mendatang.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas dengan dibayangi kekuatiran ekonomi Tiongkok dan masih dinantikannya stimulus yang diberikan pemerintah Beijing untuk penguatan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2795-2693 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2989-3098.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here