Awal Indeks Shanghai 8 Juli Tertekan Pelemahan Minyak Mentah dan Yuan

165
bursa shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Jumat (08/07), Indeks Shanghai dibuka negatif, saat ini terpantau turun -24,76 poin atau -0,82 persen pada 2992.09. Pelemahan Indeks Shanghai terpicu pelemahan minyak mentah dan kekuatiran pelemahan Yuan.

Lihat : Bursa Shanghai 7 Juli Berakhir Flat Tertekan Peningkatan Kredit Bermasalah

Harga minyak mentah AS turun 4,83 persen menjadi $ 45,14 per barel pada Kamis setelah Energy Information Administration (EIA) melaporkan menunjukkan stok turun 2,2 juta barel dalam pekan hingga 1 Juli, jauh lebih kecil dari 6,7 juta barel dari perkiraan American Petroleum Institute.

Yuan jatuh ke titik terendah terhadap dolar sejak November 2010 silam pada hari Rabu, memperpanjang penurunannya untuk sesi kelima berturut-turut, setelah bank sentral Tiongkok melemahkan secara tajam  tingkat bimbingan resmi karena dolar melonjak. Pedagang takut bank sentral akan membiarkan yuan melemah lebih jauh untuk membantu eksportir.

Pagi ini terpantau Yuan melemah. Pasangan USDCNY menguat 0,08 persen pada 6.6874.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai bergerak negatif tertekan kekuatiran perlambatan ekonomi domestik dan global. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2897-2793 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3087-3196.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here