Keyakinan Bisnis Australia Juni Rebound

191

Meskipun berbagai tekanan menerpa selama beberapa minggu terakhir ini, baik itu Brexit, potensi downgrade rating kredit Australia atau pemilihan federal, kepercayaan bisnis Australia ternyata melonjak pada bulan Juni.

Menurut survei bisnis terbaru National Australia Bank (NAB), kepercayaan bisnis naik menjadi 6 pada bulan Juni, sekitar tiga poin di atas tingkat yang terlihat pada bulan Mei.

australia-business-confidence (1)

NAB menunjukkan bahwa survei dilakukan pada puncak volatilitas pasar keuangan baru-baru, membuat hasilnya bahkan lebih luar biasa.

“Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mencari melalui ketidakpastian eksternal, memilih untuk fokus pada hal positif yang mereka lihat dalam bisnis mereka sendiri, setidaknya untuk saat ini,” kata Alan Oster, kepala ekonom di NAB.

Menambah kepercayaan bullish membaca, dan mungkin menggarisbawahi mengapa itu meningkat, perusahaan menunjukkan bahwa sub indeks kondisi perbaikan operasional dengan kondisi terpisah naik dua poin menjadi 12, jauh di atas rata-rata jangka panjang dari 5.

“Perusahaan terus melaporkan kondisi bisnis yang sangat tinggi, menunjuk ke kuartal lain yang kuat untuk ekonomi non-pertambangan,” kata Oster.

“Peningkatan didorong sebagian besar oleh kenaikan dalam kondisi kerja, yang kembali di atas tingkat rata-rata jangka panjang. Profitabilitas juga meningkat pada bulan Juni, sementara kondisi perdagangan tidak berubah pada tingkat yang sangat tinggi, “tambahnya.

“Hasil ini umumnya mengatakan bahwa kita bisa yakin tentang prospek jangka dekat”, demikian pernyataan Oster.

Namun, sementara survei menunjukkan hasil baik, ada sedikit kebutuhan untuk merangsang ekonomi domestik saat ini, Oster percaya, seperti orang lain, bahwa “pandangan pada inflasi ini bisa dibilang lebih penting pada saat ini”.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here