Harga Komoditas Asia Menguat Akibat Turunnya Pasokan Global

139

Minyak mentah turun 1,1 persen menjadi $ 46,31 per barel, setelah melompat 4,6 persen pada Selasa. Data industri AS menunjukkan stok minyak mentah yang meningkat 2,2 juta barel pekan lalu, menambah kekhawatiran tentang kelebihan pasokan.

Tembaga naik 2 persen di London, dan telah naik sebesar 3,9 persen selama tiga hari perdagangan terakhir. Nikel mundur dari tertinggi delapan bulan dan seng menuju penutupan terbaik sejak Mei 2015.

Bijih besi naik ke level tertinggi sejak April di Dalian Commodity Exchange. Baja rebar diperdagangkan mendekati 10-minggu tertinggi di Shanghai. Macquarie Group Ltd mengatakan skeptis bahwa reli harga baja akan dapat dipertahankan dikarenakan tekanan dari pasokan yang melimpah.

Kapas melonjak sebanyak 5 persen ke level tertinggi dua tahun di Tiongkok setelah AS Departemen Pertanian AS memotong proyeksi stok dunia.

Karet melonjak lebih dari 3 persen di Tokyo, didukung oleh kekhawatiran akan turunnya pasokan dikarenakan hujan yang mengganggu lahan produksi di Thailand.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here