Inflasi Zona Eropa Juni Rebound

214

Pembacaan akhir untuk harga konsumen zona euro mengkonfirmasi pembacaan flash dengan tingkat inflasi tahunan naik menjadi 0,1% dari -0.1% sebelumnya. Ini adalah pembacaan kedua pertama di atas nol dan tingkat tertinggi sejak Januari, namun ECB masih akan khawatir atas inflasi yang terus-menerus melemah.

Inflasi inti juga sejalan dengan ekspektasi dengan kenaikan menjadi 0,9% dari 0,8% sebelumnya dan ini adalah tinggi tiga bulan.

Harga energi naik 1,7% untuk bulan, yang memotong penurunan tahunan menjadi 6,4% dari 8,1% sebelumnya. Ada penurunan bulanan harga barang-barang industri di luar sektor energi sebesar 0,5%, yang memotong kenaikan tahunan menjadi 0,4% dari 0,5%, sementara harga layanan-sektor naik 0,3% untuk memberikan peningkatan tahunan sebesar 1,1% dari 1,0% sebelumnya.

Meskipun ada beberapa bukti dari tekanan pada inflasi sektor jasa, penurunan bulanan harga barang akan menyebabkan beberapa kekhawatiran dalam ECB.

Juga akan ada beberapa kekhawatiran atas risiko kejutan deflasi segar setelah pemungutan suara UK Brexit, meskipun Euro telah melemah dari level terkuat terhadap Sterling, yang akan membatasi tekanan pada harga.

ECB akan mengambil waktu lebih lanjut untuk menilai dampak dari langkah-langkah stimulus tambahan diluncurkan pada bulan Juni dan ada sedikit kesempatan tindakan jangka pendek lebih lanjut.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here