Pertumbuhan Manufaktur AS Juli Naik Tertinggi 9 Bulan

248

Data awal produksi manufaktur AS bulan Juli mengalami kenaikan paling tajam sejak Oktober 2015. Markit Manufacturing PMI Index naik menjadi 52,9 dari 51,3 pada bulan Juni.

Pembacaan ini jauh lebih baik daripada konsensus analis perkiraan 51,6, menurut jajak pendapat Thomson Reuters.

united-states-manufacturing-pmi

Volume bisnis baru dipercepat disebabkan oleh dorongan dalam pertumbuhan produksi. Volume bisnis baru tumbuh tercepat dalam sembilan bulan, mendekatkannya dengan rata-rata pasca krisis.

Namun, pesanan ekspor baru tumbuh pada tingkat yang lebih lambat dari bisnis baru secara keseluruhan, yang menunjukkan permintaan domestik merupakan pendorong utama pertumbuhan untuk bulanan.

Karena meningkatnya kondisi bisnis, produsen meningkatkan pembelian masukan mereka. Harga input naik untuk bulan keempat berturut-turut.

Kepala ekonom Markit, Chris Williamson mengatakan, “Bulan Juli produsen berjuang melawan dolar yang kuat, penurunan sektor energi berkelanjutan dan ketidakpastian politik menjelang pemilihan presiden, namun masih mencapai pertumbuhan terbaik terlihat sejak tahun lalu. Ini masih terlalu dini untuk mengatakan apakah ini awal dari kemajuan kuat, tapi ini adalah menyambut dan mendorong tanda kebangkitan setelah kuartal kedua, di mana PMI mengisyaratkan kinerja terburuk sektor selama lebih dari enam tahun. ”

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here