Pertumbuhan Ekonomi Zona Eropa Q2 Melambat, Ekonomi Perancis Pemberat

278

Ekonomi zona eropa menghasilkan gambaran beragam pada hari Jumat dengan perlambatan pertumbuhan, tingkat pengangguran tidak berubah dan kenaikan dalam tingkat inflasi.

Data dari Eurostat menunjukkan produk domestik bruto (PDB) zona Eropa diperluas 0,3 persen kuartal-ke-kuartal (melambat dari ekspansi 0,6 persen yang terlihat dalam tiga bulan pertama tahun ini) dan bahwa pengangguran di 19 negara blok tidak berubah pada 10,1 persen pada bulan Juni.

euro-area-gdp-growth

Inflasi tetap rendah di bulan Juli, berdetak sampai 1 persen menjadi 0,2 persen tahun-ke-tahun.

Dari tiga data zona euro mengungkapkan bahwa wilayah mata uang tunggal ini masih terjebak dengan pertumbuhan suam-suam kuku, inflasi yang rendah dan tingkat pengangguran tetap tinggi di beberapa negara-negara anggotanya.

Mengurangi separuh tingkat pertumbuhan ekonomi di wilayah ini adalah sama sekali tidak mengejutkan, yaitu kendurnya perekonomian Perancis pada kuartal kedua.

Angka PDB Perancis yang dirilis Jumat menunjukkan bahwa pertumbuhan datar di ekonomi terbesar kedua di zona euro pada kuartal kedua di tengah penurunan tajam dalam konsumsi rumah tangga, kantor statistik INSEE melaporkan, setelah ekspansi 0,7 persen pada kuartal pertama. Banyak ekonom telah memperkirakan pertumbuhan 0,2 persen pada kuartal kedua.

Sementara itu, Spanyol melaporkan ekspansi 0,7 persen yang kuat pada kuartal kedua, sejalan dengan perkiraan.

Karen Ward, kepala ekonom Eropa di HSBC, mengatakan bahwa “kekuatan pertumbuhan PDB zona euro pada kuartal pertama jelas sebagian besar disebabkan faktor temporer” dan pertumbuhan yang akan tetap hangat pada semester kedua tahun ini.

“Dalam pandangan kami, pertumbuhan pada semester kedua tahun ini kemungkinan akan tetap moderat sebagai dampak dari kedua hal yaitu Brexit dan serangan teroris baru-baru ini lebih sangat dirasakan dalam kegiatan ekonomi. Ini perlu diingat bahwa Inggris menyumbang lebih dari seperlima pertumbuhan ekspor barang zona euro tahun lalu, “kata Ward dalam catatan Jumat.

Ekonom Eropa Ekonom Apolline Menut dari Barclays setuju, mengatakan bahwa pertumbuhan akan melambat lebih lanjut setelah keputusan U.K. meninggalkan Uni Eropa menekan kepercayaan, konsumsi swasta dan investasi.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here