Harga Timah 1 Agustus Stabil; Bulan Juli Harga Timah Melompat 5 Persen

186

Harga timah di bursa Malaysia stabil pada perdagangan Senin (01/08). Stabilnya harga timah mengikuti mixednya pergerakan bursa wall street dan ekonomi Tiongkok.

Bursa Saham AS ditutup mixed pada akhir perdagangan akhir pekan hari Sabtu dinihari, hari perdagangan terakhir bulan, seperti mendorong pendapatan dari perusahaan-perusahaan teknologi besar mengimbangi laporan negatif dari beberapa perusahaan energi dan laporan GDP yang mengecewakan.

Lihat :Bursa Wall Street Akhir Pekan Mixed; Nasdaq Tertinggi Sepanjang Masa, Bulan Juli Melonjak 8 Persen

Demikian juga hari ini data manufaktur Tiongkok mencatatkan hasil mixed

Pertumbuhan manufaktur Tiongkok menurut data resmi pemerintah mencatatkan hasil pelemahan.

Aktivitas di sektor manufaktur Tiongkok secara tak terduga menyusut pada bulan Juli, survei resmi menunjukkan pada hari Senin, dengan perusahaan-perusahaan kecil dan menengah memimpin penurunan dan memperkuat kekhawatiran bahwa ekonomi mungkin sekali lagi kehilangan momentum.

Indeks Pembelian Manajer (PMI) resmi bergeser ke 49,9 pada bulan Juli, dibandingkan dengan pembacaan bulan sebelumnya 50,0 dan di bawah angka 50 poin yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi secara bulanan. Analis yang disurvei oleh Reuters memprediksi pembacaan 50,0.

Lihat :Pertumbuhan Manufaktur Tiongkok Juli Menyusut

Sedangkan berdasarkan hasil survey swasta Caixin, aktifitas manufaktur Tiongkok meningkat.

Aktivitas manufaktur Tiongkok diperluas untuk pertama kalinya dalam 17 bulan pada bulan Juli sebagai produksi dan pesanan baru meningkat, survei bisnis swasta menunjukkan pada hari Senin (01/08).

The Caixin / Markit Manufacturing Purchasing Managers ‘(PMI) naik menjadi 50,6, mengalahkan ekspektasi pasar 48,7 dan naik dari 48,6 pada bulan Juni.

Lihat : Caixin PMI : Aktifitas Manufaktur Tiongkok Juli Naik Tertinggi 17 Bulan

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau stabil hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 17.900 dollar per ton, sama dengan penutupan sebelumnya pada 17.900.

Sedangkan selama bulan Juli tercatat peningkatan harga sebesar 900 dollar, atau naik 5,3 persen. Kenaikan harga timah bulanan, sebagian besar terdukung

Lihat : Harga Timah 29 Juli Stabil Mencermati Keputusan BOJ

Malam nanti akan dirilis data ISM Manufacturing PMI Juli yang diindikasikan turun tipis. Jika terealisir dapat melemahkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik jika dollar AS terealisir melemah. Namun akan mencermati juga perkembangan bursa global dan ekonomi Tiongkok. Harga akan menghadapi level Resistance di posisi 18.100 dollar dan 18.300 dollar. Akan tetapi jika terjadi penurunan, harga timah akan menghadapi level Support di 17.700 dollar dan 17.500 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here