Indeks Shanghai 2 Agustus Bergerak Positif Terbantu Data Manufaktur Caixin

188
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Selasa (02/08), Indeks Shanghai bergerak positif, saat ini terpantau naik 5,25 poin atau 0,18 persen pada 2958.64. Penguatan Indeks Shanghai terdorong kenaikan aktifitas manufaktur Tiongkok berdasarkan data Caixin.

Lihat : Bursa Shanghai 1 Agustus Berakhir Turun Terendah 1 Bulan

Pada perdagangan kemarin, indeks Shanghai dilemahkan memburuknya pertumbuhan manufaktur Tiongkok yang dilaporkan secara resmi oleh pemerintah.

Aktivitas di sektor manufaktur Tiongkok secara tak terduga menyusut pada bulan Juli, survei resmi menunjukkan pada hari Senin, dengan perusahaan-perusahaan kecil dan menengah memimpin penurunan dan memperkuat kekhawatiran bahwa ekonomi mungkin sekali lagi kehilangan momentum.

Indeks Pembelian Manajer (PMI) resmi bergeser ke 49,9 pada bulan Juli, dibandingkan dengan pembacaan bulan sebelumnya 50,0 dan di bawah angka 50 poin yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi secara bulanan. Analis yang disurvei oleh Reuters memprediksi pembacaan 50,0.

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur Tiongkok Juli Menyusut

Namun survey swasata dari Caixin melaporkan bagwa aktifitas manufaktur Tiongkok diperluas untuk pertama kalinya dalam 17 bulan pada bulan Juli sebagai produksi dan pesanan baru meningkat, survei bisnis swasta menunjukkan pada hari Senin (01/08).

The Caixin / Markit Manufacturing Purchasing Managers ‘(PMI) naik menjadi 50,6, mengalahkan ekspektasi pasar 48,7 dan naik dari 48,6 pada bulan Juni.

Lihat : Caixin PMI : Aktifitas Manufaktur Tiongkok Juli Naik Tertinggi 17 Bulan

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai bergerak sideways dengan data pertumbuhan manufaktur yang mixed, namun kekuatiran pelemahan ekonomi Tiongkok masih terus membayangi. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2829-2723 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3048-3169.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here