Optimisme Konsumen Indonesia Juli Naik Tertinggi 15 Bulan

290

Optimisme konsumen di Indonesia meningkat bulan Juli, membukukan angka tertinggi sejak Maret 2015, karena rumah tangga yang lebih optimis tentang keuangan mereka dan ketepatan waktu untuk membeli barang tahan lama, demikian rilis dari Bank Indonesia, Senin (08/08).

Dalam website Bank Indonesia dinyatakan Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan bahwa optimisme konsumen pada Juli 2016 meningkat dari bulan sebelumnya.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2016 yang tercatat sebesar 114,2, lebih tinggi dari 113,7 pada bulan sebelumnya. Peningkatan IKK tersebut didorong oleh kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) sebesar 1,3 poin menjadi 101,2. Peningkatan IKE didorong indeks penghasilan saat ini dan indeks ketepatan waktu membeli barang tahan lama.

indonesia-consumer-confidence (4)

Di sisi lain, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) turun -0,5 poin menjadi 127,1 meski masih pada level optimis (>100). Penurunan IEK terutama disebabkan oleh penurunan ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga mengalami perlambatan pada Oktober 2016. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang tercatat turun 12,7 poin menjadi 143,7. Perlambatan kenaikan harga diperkirakan terjadi pada semua kelompok komoditas, dengan penurunan terbesar terjadi pada kelompok bahan makanan dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau.

Untuk kondisi 6 bulan mendatang (Januari 2017), konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan yang lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya. Posisi pinjaman 6 bulan mendatang juga diperkirakan lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here