Apakah Yen Jepang Akan Menembus Batas ¥100

202

Yen Jepang telah mengetes batas ¥100 terhadap dolar AS beberapa kali dalam bulan ini tetapi USDJPY masih harus membuat gebrakan untuk menembus dibawah angka tersebut.

Para analis mengatakan bahwa menguatnya mata uang Yen Jepang layak mendapatkan intervensi dari Bank of Japan, mungkin dengan mendorong tingkat bunga lebih jauh ke arah negatif.

Sementara ini, matauang terkuat dunia sedang bertengger di sekitar ¥100, membuat para trader menerka-nerka mengenai kapankah garis batas tersebut akan berhasil ditembus kebawah dalam tingkat yang meyakinkan.

Faktor kunci yang bisa mempengaruhi perkiraan adalah yang berhubungan dengan kebijakan moneter dalam pertemuan bulan depan. Walaupun orang-orang terus mengkalkulasikan tidak ada perubahan di dalam tingkat bunga AS untuk bulan September, pidato pada hari Jumat ini oleh gubernur the Fed Janet Yellen bisa memberikan para penganut “hawk” suatu alasan untuk menyesuaikan outlooknya.

Jika the Fed benar-benar mengetatkan kebijakan pada tanggal 21 September, kabar ini kemungkinan akan membebani Yen Jepang.

Ahli strategi matauang dari Rabobank mengatakan ,”masih banyak yang skeptis bahwa the Fed bisa menaikkan tingkat bunga, terlepas dari pernyataan-pernyataan yang hawkish dari banker dari the Fed.”

Selain daripada pidato Yellen, yang diskedulkan pada tanggal 26 Agustus 2016, para trader akan fokus terhadap laporan payrolls bulan Agustus, yang jatuh tempo pada tanggal 2 September 2016.

Kenaikan angka yang solid lainnya dari lapangan pekerjaan di tengah-tengah pertambahan yang kuat di bulan Juni dan Juli bisa memberikan keyakinan kepada the Fed untuk menaikkan tingkat bunga biar bagaimanapun juga.

Sementara itu, tarian yen disekitar ¥100 kemungkinan masih akan berlanjut sampai ke topik-topik utama yang memberikan katalisator yang baru untuk mengadakan penyesuaian sikap.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY