Non Farm Payrolls AS Agustus Melambat, Pudarkan Harapan Kenaikan Suku Bunga September

365

Pertumbuhan pekerjaan AS melambat lebih dari yang diharapkan pada bulan Agustus setelah dua bulan berturut-turut naik kuat dan keuntungan upah moderat, yang secara efektif bisa mengesampingkan peningkatan suku bunga dari Federal Reserve bulan ini.

Nonfarm payrolls naik 151.000 pekerjaan bulan Agustus setelah 275.000 peningkatan direvisi naik pada bulan Juli, dengan mempekerjakan di sektor manufaktur dan konstruksi menurun, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada hari Jumat (02/09). Tingkat pengangguran tidak berubah pada 4,9 persen karena lebih banyak orang memasuki pasar tenaga kerja.

united-states-non-farm-payrolls

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan payrolls naik 180.000 bulan lalu dan tingkat pengangguran tergelincir sepersepuluh persentase poin menjadi 4,8 persen.

Keuntungan pekerjaan bulan lalu, masih bisa cukup untuk mendorong The Fed untuk menaikkan suku bunga pada bulan Desember. Kenaikan gaji memperkuat pandangan bahwa ekonomi telah kembali naik setelah hampir kendor pada semester pertama tahun ini.

Laporan ini muncul lebih dari dua minggu sebelum pertemuan kebijakan 20-21 September bank sentral AS ini. Probabilitas tingkat kenaikan suku bunga untuk kedua pertemuan September dan Desember naik setelah pernyataan Jumat lalu oleh Ketua Fed Janet Yellen bahwa kesempatan untuk menaikkan suku bunga telah diperkuat dalam beberapa bulan terakhir.

Menurut laporan tersebut, pasar keuangan menghargai kesempatan 27 persen dari kenaikan suku bunga bulan ini dan kemungkinan 57,7 persen pada Desember, menurut alat CME Fedwatch.

Dolar jatuh terhadap sekeranjang mata uang setelah laporan, sedangkan harga untuk obligasi pemerintah AS naik. saham berjangka AS naik.

Waktu kenaikan suku bunga berikutnya bisa juga ditentukan oleh pertumbuhan upah. penghasilan per jam rata-rata meningkat tiga sen atau 0,1 persen pada Agustus setelah naik 0,3 persen yang solid pada bulan Juli.

Jam bekerja Amerika lebih sedikit bulan lalu, dengan pekan kerja mencelupkan rata-rata 34,3 jam dari 34,4 jam pada bulan Juli. Rincian lain dari laporan menunjukkan tingkat partisipasi angkatan kerja, atau pangsa usia kerja Amerika yang dipekerjakan atau setidaknya mencari pekerjaan, tidak berubah pada 62,8 persen bulan lalu.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here