Bursa Tokyo Rebound Imbas Pasar AS Dan Didukung Saham Perbankan, Ditutup Hari Senin

400

Bursa Saham Tokyo rebound dari penurunan terpanjang dalam 2-1 / 2 tahun terakhir setelah bursa saham Amerika Serikat naik karena surutnya ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga minggu depan.

Indeks Topix menuju yang lebih tinggi pada 09:40 waktu setempat, setelah kehilangan 3,8 persen selama tujuh sesi terakhir, menjelang keputusan minggu depan dari Bank of Japan dan The Fed. Data terbaru dari AS, mengisyaratkan produksi industri menyusut lebih dari perkiraan, sementara penjualan ritel tak terduga jatuh.

Topix naik 0,4% ke level 1,306.02, Nikkei 225 naik 0,3% menjadi 16,453.46 dan nilai tukar yen dnaik 0,3% menjadi 101,79 per dolar. Volume perdagangan di Topix adalah 8 persen di bawah 30-hari intraday rata.

Pasar di Jepang ditutup untuk libur nasional pada hari Senin dan akan dilanjutkan pada hari Selasa menjelang keputusan suku bunga BOJ dan Fed di hari Rabu.

Saham-saham perbankan di Jepang menguat, untuk pertama kalinya dalam lima sesi. Mitsubishi UFJ Financial Group Inc 1,8 persen lebih tinggi, sementara Sumitomo Mitsui Financial Group Inc naik 1,8 persen.

Sektor otomotive adalah pemain terburuk di tengah penguatan yen. Toyota Motor Corp turun 0,9 persen, sedangkan Mazda Motor Corp turun 1,2 persen. Yen ditambahkan ke keuntungan terhadap dolar setelah naik 0,3 persen Kamis.

Jepang Display Inc melonjak 4,7 persen, sedangkan Alpen Electric Co melonjak 4,2 persen dan Murata Manufacturing Co menambahkan 3,3 persen.

Nichiha Corp, produsen dinding eksterior keramik dan fiberboards, naik 6 persen. Perusahaan ini menaikkan target laba operasional setahun penuhnya sebesar 22 persen menjadi 11,2 miliar yen (US $ 110.000.000).

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here