Berita Emiten : AGRO Dan HMETD Sebesar Rp.500 M

385

Analisis Corporate Action HMETD – AGRO merujuk pernyataan dari perseroan, PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga, bahwa penggunaan dana seluruhnya yaitu sebesar Rp. 500 miliar akan diperuntukan sebagai tambahan modal kerja yang akan memberikan tambahan modal bagi perseroan untuk menambah kapasitas pelayanan jasa perbankan, seperti memperluas jaringan Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, Kantor Kas, ATM, Mobile Banking, dll.

Begitu pula untuk peningkatan penyaluran kredit maka proses Corporate Action HMETD dari AGRO ini akan berdampak baik untuk masa depan perseroan & akan memberikan kontribusi kepada pemegang saham dari hasil pengembangan usaha perseroan.

Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa, komposisi pemegang saham mayoritas (87,2%) dari perseroan adalah Bank BRI maka hampir dapat dipastikan bahwa proses Corporate Action HMETD ini akan berjalan sesuai rencana karena dengan mudah RUPSLB akan berjalan Kuorum.

Hal lain yang menarik adalah pemberian bonus berupa Warrant sebagai pemanis aksi korporasi ini. Ratio warrant akan diinformasikan saat penerbitan Prospektus HMETD.
Dilihat dari Analisis Fundamental – AGRO, dari sisi Revenue, AGRO terus mencatatkan kenaikan pendapatan. Pada tahun buku 2014 pendapatannya naik sebesar 42,3%, Sedangkan pada tahun buku 2015 pendapatannya berhasil meningkat sebesar 31,5%. Pada semester pertama 2016 sendiri, pendapatan AGRO meningkat sebesar 16,2% dibandingkan dengan semester pertama 2015.

Seirama dengan Revenue, NPAT (Pendapatan bersih setelah pajak) dari AGRO juga terus meningkat. Pada tahun 2014 NPAT berhasil naik 18,2%, sedangkan pada tahun 2015 NPAT tercatat naik 29,8%. Semester pertama 2016, NPAT meningkat 16,5% dibandingkan dengan semester pertama 2015.

Berdasarkan laporan keterbukaan kuartal kedua 2016 dari emiten, Loan to Deposit Ratio (LDR) tercatat meningkat dari 89,98% menjadi 91,01%. Hal ini mendukung penambahan revenue emiten yang berasal dari pendapatan bunga.

Namun, nonperforming Loan (NPL) AGRO pada semester pertama 2016 tercatat meningkat dari 2,36% menjadi 3,24%. Ini menunjukkan adanya peningkatan bad debt yang bisa berdampak buruk bagi performa emiten.

Net Interest Margin (NIM) juga tercatat sedikit menurun dari 4,82% pada semester pertama 2015 menjadi hanya 4,27% pada semester pertama 2016.

Bertambahnya Laba ditahan serta Modal saham yang berasal dari Right Issue membuat ekuitas AGRO terus bertambah. Catatan tambahan, AGRO sudah pernah melakukan 3 kali Right Issue yaitu pada November 2009, Juli 2013, dan Juli 2015. Sayangnya Penambahan ekuitas ini tidak diimbangi dengan kenaikan revenue yang signifikan sehingga Return on equity AGRO tercatat terus menurun dari tahun ke tahun.

Kesimpulannya, dari sisi income, AGRO berhasil mencatatkan peningkatan performa dari tahun ke tahun dengan naiknya Revenue, NPAT, serta LDR. Namun sayangnya kenaikan pendapatan ini juga diiringi dengan naiknya NPL dan turunnya NIM, serta Return on Equity yang terus menurun, yang mengindikasikan turunnya efisiensi emiten dalam memanfaatkan modal yang ada.

Analisis Teknikal – AGRO, dari segi teknikal, AGRO per tanggal 26 Sep 16, sedang menguji MA100 nya di kisaran 280. Uptrendline support berada di level kisaran 255. Jika support trendline jebol di bawah 255, maka garis uptrendline patah dan AGRO berubah menjadi bearish secara teknikal. Resistance AGRO secara jangka pendek ada di level kisaran 310 berdasarkan fibonacci support. Jika dapat tembus, maka sesuai dengan level fibonacci AGRO berpotensi ke level 350 dan selanjutnya 395.

Sampai dengan sore hari ini, saat penutupan perdagangan saham di BEI maka harga saham milik PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk dengan kode saham AGRO dibuka naik 2 poin dari harga penutupan Senin kemarin lalu bergerak tertinggi di harga Rp.296 lalu turun ke posisi terendah hari ini di Rp.286 dan kemudian ditutup naik 4 poin atau 1,38% ke harga Rp.293 per lembarnya.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here