USD Ditengah Perdebatan Final Calon Presiden AS

441

Dolar AS diperdagangkan stabil pada awal perdagangan hari Kamis dengan para investor menunggu debat final calon presiden AS sebelum bulan depannya diadakan pemilihan presiden yang hampir bersamaan dengan pertemuan dari European Central Bank. Indeks dolar DXY yang mengukur nilai dolar AS terhadap sekeranjang mata uang utama dunia lainnya hanya turun 0.02 persen di 97.90.

Dengan skandal penghinaan seksual dan ketinggalan sebanyak 7% di dalam polling, calon presiden dari partai Republik Donald Trump menghadapi tantangan yang besar pada saat dia dan Hillary Clinton calon dari partai Demokrat akan berhadapan muka pada debat final pagi hari ini di Universitas Las Vegas Nevada.

Sementara kebanyakan opini polling suara belakangan ini menjagokan calon dari partai Demokrat Hillary Clinton, calon presiden dari partai Republik Donald Trump akan mencoba menggunakan debat ketiga dan final ini untuk meraih kembali momentum di minggu-minggu terakhir dari kampanye yang penuh dengan serang menyerang ini.

Mitsuo Imaizumi, kepala strategi matauang di Daiwa Securities di Tokyo mengatakan kepada Reuters bahwa dia tidak memperkirakan debat ini akan menjadi faktor penggerak yang utama, kecuali ada kejutan yang besar dimana performance Clinton buruk sekali. “Tetapi jika hasilnya seri dan tidak ada kandidat yang membuat impresi yang baru, maka kita tidak akan melihat banyak reaksi di pasar,” katanya.

Dolar AS sedikit berubah terhadap yen Jepang di 103.45.

Euro diperdagangkan di $1.0977 menjelang pertemuan kebijakan European Centrak Bank pada hari Kamis ini, setelah turun ke kerendahan hampir tiga bulan semalaman di 1.0953.

Dolar AS mengalami kenaikan 0.2 persen terhadap pasangan matauang Kanada di C$1.3130 setelah Bank Kanada memangkas perkiraan pertumbuhannya pada hari Rabu kemarin dan tanpa terduga mengatakan bahwa mereka telah mendiskusikan akan menambah lebih banyak stimulus moneter untuk mempercepat pemulihan ekonomi negara Kanada.

Poundsterling stabil di $1.2287 menjelang Perdana Menteri Theresa May menghadiri pertemuan tingkat tinggi Uni Eropa.

Dolar Australia juga stabil di $0.7725, mengabaikan laporan bahwa Australia kemungkinan bisa kehilangan rating kredit AAA dari Standard & Poor.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here