Pergerakan Rupiah Sepanjang Hari Rabu Retreat

230

Pergerakan rupiah yang negatif sejak awal perdagangan masih berada di posisi negatif sekalipun dollar AS masih terkurung di zona pelemahan terhadap banyak rival utamanya. Lemahnya rupiah sepanjang hari dipicu oleh sentimen perdagangan safe haven pasca tidak kondusifnya pasar keuangan global seperti yang diberitakan di berita pagi.

Namun lemahnya  pergerakan rupiah tidak menghalangi arus modal asing masuk bursa melebihi  arus keluar sehingga  net buy asing sepanjang hari  mencapai   Rp247 miliar lebih.  Sumbangan modal asing ini tidak dapat membuat  IHSG terangkat yang tertekan oleh aksi jual investor lokal hingga turun 0,2%.

Lihat: IHSG 2 November Ditutup Merah, 3 Saham Perbankan Gagal Hijaukannya

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini masih bergerak negatif dengan posisi penurunan  0,17% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13069/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13048/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini   dilemahkan dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  lebih lemah di 13058 dari perdagangan sebelumnya  di 13036, demikian kurs transaksi antar bank juga diperkuat  ke 13123 dari  perdagangan sebelumnya 13101.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari diperkirakan  dibuka negatif   oleh proyeksi laju dollar AS yang bangkit setelah kebijakan Fed terbaru diumumkan setelah pertemuan FOMC usai malam nanti.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here