Bersamaan Dimulainya Pilpres AS, Kekuatan Pound Inggris Terpangkas

395

Poundsterling Inggris yang sudah bergerak kuat sejak awal sesi Asia hari Selasa (8/11) oleh momentum pelemahan dollar AS, mulai terpangkas setelah ONS melaporkan data produksi industri Inggris bulan September yang masih kontraksi. Laju pair GBPUSD melemah oleh pergerakan dollar AS yang melaju bersamaan dengan dimulainya pilpres AS.

Pada sesi Eropa terdapat rilis data industri yang dilaporkan kantor statistik nasional Inggris (ONS) menunjukkan data yang mixed. Data produksi manufaktur naik melebihi ekspektasi sedangkan produksi industri kontraksi dibawah ekspektasi. Kedua data ini tidak memberikan pergerakan setelah kemudian pasar mulai memburu dollar saat waktu pilpres dibuka.

Pergerakan kurs pound di sesi Eropa (10:40:35 GMT) bergerak negatif  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih kuat  dari perdagangan sebelumnya pada  posisi 1.2398  di   awal   perdagangan sesi Asia  (00.00 GMT),  kurs  pound  masih tinggi 3  pips  dan pair ini masih di posisi 1.2401.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika yang berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair GBPUSD akan turun  lagi ke kisaran   1.2362 – 1.2288. Namun jika terjadi koreksi positif lagi, akan naik menuju kisaran 1.2456-1.2525

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here