Kemana Arah Harga Emas Pada Minggu Ini Di Tengah PilPres AS: Clinton vs Trump?

501

Pemilihan presiden akan menjadi pusat perhatian pada minggu ini dan kemungkinan akan menyingkirkan event atau laporan utama lainnya yang akan keluar pada minggu ini. Sampai akhir dari minggu ini, hasil polling antara Trump dan Clinton masih berlangsung dengan ketat dan hal ini membantu mendorong naik harga emas dan perak. Tetapi dengan berita dari direktur FBI Comey yang menjernihkan Clinton setelah menyelidiki melalui sekumpulan email belakangan ini, emas dan perak mengalami penurunan dengan para investor memperkirakan kemenangan Clinton pada hari Selasa malam ini. Event minggu lalu yang menjernihkan Clinton setelah menyelidiki melalui sekumpulan email belakangan ini, emas dan perak mengalami penurunan dengan para investor memperkirakan kemenangan Clinton pada hari Selasa malam ini. Event minggu lalu yang besar termasuk pertemuan FOMC dimana tidak ada kenaikan tingkat bunga dan tidak ada kejutan, dan laporan NFP yang keluar sedikit kurang daripada yang diperkirakan pasar tetapi yang juga menunjukkan kenaikan yang lebih besar daripada yang diperkirakan dalam hal upah cukup kuat untuk bisa menaikkan harga bullion. Dan juga penurunan di dalam imbal hasil jangka panjang dan dolar AS membantu menaikkan harga bullion. Apakah trend ini akan berubah? Kita perhatikan outlook emas berikut ini.

Emas dan perak telah mendapatkan keuntungan dari pemulihan Trump dalam polling dengan para investor berpindah ke investasi safe haven: mempertimbangkan kemenangan Trump kemungkinan akan membuat pembalikan yang tajam dari pasar dan administrasi Obama yang tidak menghendaki perubahan dan kejutan yang tidak terduga. Pasar telah menyiapkan diri dengan sendirinya dan menaikkan posisi dari metal berharga. Tetapi sekarang kelihatannya Trump memiliki kemungkinan yang lebih rendah untuk menang sehingga emas dan perak mendapatkan pukulan karena merupakan komoditi yang safe haven. Tetapi hal ini tidak berarti bullion tidak akan bangkit lagi tiba-tiba. Pertama, pemilihan masih menunjukkan perlombaan yang ketat dan walaupun Trump memiliki cara yang lebih sedikit untuk mencapai 270 suara pemilih dibandingkan dengan Clinton, dia masih mungkin menang sekalipun kemungkinannya kecil. Dan selain itu ada kelanjutan sebagai akibat dari pemilihan. Jika hasil pemungutan suara sangat dekat, hal ini masih bisa membuat volatilitas dan ketidak pastian di pasar, dimana hal ini membantu emas dan perak untuk selamat. Pada akhirnya, bahkan jika Clinton menang dengan nyata, pasar masih bisa berbalik dengan mempertimbangkan masih belum jelas bagaimana administrasi Clinton akan bergerak kedepannya. Jadi dalam jangka pendek, kita masih bisa melihat pemulihan di dalam harga emas dan perak. Tetapi sekali kotoran-kotoran ini telah “settled” – dan dengan mengasumsikan Clinton yang menang – pasar akan kembali fokus pada bank-bank sentral termasuk FOMC, ECB, dan BOJ dan bagaimana mereka akan mempengaruhi harga bullion.

Berbicara mengenai the Fed, setelah pertemuan FOMC  yang terakhir dan laporan NFP, pasar tidak mengubah banyak mengenai outlook dari kemungkinan kenaikant tingkat bunga di bulan Desember. Probabilita dari kenaikan tingkat bunga pada bulan depan adalah 67%, yang adalah 5 persen dibawah jumlah yang dicatat pada minggu sebelumnya. Perlu diingat bahwa walaupun the Fed tidak menaikkan tingkat bunga di bulan November, kelihatannya jika laporan NFP berikutnya menunjukkan pertumbuhan yang mantap di dalam hal upah dan pekerjaan – serupa dengan yang satu yang dicatat pada laporan belakangan ini – the Fed kemungkinan akan bergerak menaikkan tingkat bunga yang kemungkinan akan membawa turun harga bullion pada minggu-minggu yang akan datang.

Sebagai kesimpulan, metal berharga cenderung mendapatkan keuntungan dari ketidakpastian pasar dan kejutan-kejutan yang tidak terduga. Jika pemilihan presiden AS ini membawa kejutan, misalnya kemenangan buat Trump atau kemenangan yang sangat tipis buat Clinton yang bisa di adu – pasar kemungkinan bisa bereaksi dan mendorong naik lagi emas dan perak. Kalau tidak, metal berharga kemungkinan akan terus mengalami penurunan kembali khususnya jika data ekonomi yang datang dari AS terus melanjutkan kekuatannya.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here