Ekspor November Singapura Melonjak Terdorong Peningkatan Ekspor Tiongkok dan Uni Eropa

318

Ekspor utama non-minyak Singapura melonjak pada bulan November karena kenaikan pengiriman ke Tiongkok dan Uni Eropa, pelanggan utama negeri ini.

Ekspor barang yang dibuat di Singapura naik 11,5% pada November dibandingkan dengan tahun sebelumnya, setelah jatuh 12,0% pada bulan Oktober, badan promosi perdagangan International Enterprise Singapore, menyatakan Jumat (16/12).

singapore-domestic-exports-of-non-oil-nodx-pctyoy

Estimasi median dari lima ekonom dalam jajak pendapat oleh The Wall Street Journal adalah untuk ekspor November berkontraksi 3,0% dari tahun sebelumnya.

Dibandingkan dengan bulan sebelumnya, ekspor naik 13,1% dalam hal penyesuaian musiman, setelah kontraksi 3,7% pada bulan Oktober. Jajak pendapat telah memproyeksikan kenaikan 0,7% pada bulan November.

singapore-exports-of-non-oil-domestic-exports-of

Pengiriman negara ke Tiongkok, tujuan terbesar ekspor, naik 15,8% pada November dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan 0,1% pada tahun jatuh pada bulan sebelumnya, kata IE Singapura.

Ekspor ke U.E. yang melonjak 48,3% pada tahunan setelah jatuh 28,6% pada bulan Oktober. Ekspor ke AS tumbuh relatif diredam 3,0% setelah bulan sebelumnya jatuh 3,7%.\

Ekspor elektronik naik 3,5% pada tahunan, membalikkan kejatuhan 6,0% pada bulan Oktober, sementara pengiriman non-elektronik tumbuh 15,3%, dibandingkan dengan penurunan 14,6% pada bulan sebelumnya.

Di sektor non-elektronik, ekspor farmasi sangat volatile melonjak 44,8%, setelah kemerosotan 47,0% pada bulan sebelumnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here