Tiga Kondisi Geopolitik dan Keamanan Yang Menekan Pasar Global

561

Pasar global juga dapat tertekan oleh ketidakpastian global yang dipicu oleh ketegangan politik dan keamanan yang terjadi di berbagai belahan dunia ini.

Berikut ini tiga kejadian politik dan keamanan yang mempengaruhi pergerakan pasar global hari ini.

Ketegangan Politik AS-Tiongkok

Amerika Serikat mengharapkan Tiongkok untuk mengembalikan segera sebuah pesawat tak berawak AS di bawah air yang disita oleh sebuah kapal angkatan laut Tiongkok pekan lalu, dengan salah satu pejabat AS mengatakan kepada Reuters pertukaran bisa terjadi sedini mungkin pada Selasa di lokasi yang telah disepakati di Laut Cina Selatan.

Penyitaan Tiongkok terhadap kendaraan bawah air tak berawak (UUV) memicu protes diplomatik dan spekulasi tentang apakah itu akan memperkuat tangan Presiden terpilih AS Donald Trump untuk semakin keras dengan Beijing.

Sebuah kapal perang Tiongkok mengambil drone, yang Pentagon mengatakan menggunakan teknologi yang tersedia secara komersial untuk mengumpulkan data oseanografi, Kamis sekitar 50 mil laut barat laut dari Subic Bay di Filipina.

Para pejabat AS, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan pembicaraan dengan Beijing diselesaikan dengan memuaskan dan “relatif segera.”

Pertukaran bisa terjadi di dekat Scarborough Shoal yang disengketakan di Laut China Selatan sedini Selasa, waktu setempat. Sebuah kapal perusak AS kemungkinan akan menerima pesawat tak berawak, meskipun mekanisme pertukaran tidak jelas.

Juru bicara Pentagon Peter Cook dalam sebuah jumpa pers hanya mengatakan bahwa “Kami membicarakan rincian logistik dengan para pejabat Tiongkok”.

Di Beijing, kementerian luar negeri Tiongkok mengatakan militer Tiongkok dan AS sedang “tanpa hambatan” berbicara tentang pengembalian.

Penyitaan telah menambah kekhawatiran AS tentang kehadiran militer Tiongkok meningkat dan sikap agresif di Laut Cina Selatan yang disengketakan, termasuk militerisasi atas pos-pos maritim.

US Navy memiliki sekitar 130 drone bawah air seperti, dibuat oleh Teledyne Webb, masing-masing seberat sekitar 60 kg (130 pon) dan dapat tinggal di bawah air sampai lima bulan. Mereka digunakan untuk mengumpulkan data unclassified tentang lautan, termasuk suhu dan kedalaman. Mereka digunakan di seluruh dunia, namun tidak jelas berapa banyak digunakan di Laut Cina Selatan.

Sebelumnya ketegangan dengan Tiongkok muncul dengan pernyataan Trump yang telah mengancam untuk menyatakan China sebagai manipulator mata uang dan perubahan gaya dalam kebijakan perdagangan AS-Cina, yang katanya telah menyebabkan pencurian terbesar pekerjaan Amerika dalam sejarah.

Trump juga telah mengangkat pertanyaan tentang bagian paling sensitif dari hubungan AS-Tiongkok : apakah Washington akan tetap berpegang pada kebijakan hampir empat dekade-lama mengakui bahwa Taiwan adalah bagian dari “satu China.”

Truk Menabrak Massa di Berlin, Jerman

Sebuah truk menabrak keramaian di pasar Natal di pusat Berlin pada Senin malam, menewaskan 12 orang dan melukai 48 orang lain, demikian pernaytaan menteri dalam negeri Jerman.

Polisi mengatakan di Twitter bahwa mereka telah meringkus satu tersangka ke tahanan karena menabrak orang berkumpul di sekitar gubuk kayu yang melayani anggur dan sosis di kaki gereja memorial Kaiser Wilhelm di jantung Berlin barat.

Kewarganegaraan yang diduga pengemudi, yang melarikan diri dari tempat kejadian kecelakaan dan kemudian ditangkap, tidak jelas, kata polisi.

Polisi Berlin mengatakan di Twitter mereka sedang menyelidiki mengarah bahwa truk telah dicuri dari sebuah pabrik konstruksi di Polandia.

Menteri Dalam Negeri Thomas de Maiziere mengatakan, kondisi kecelakaan itu masih belum jelas, menambahkan: “. Saya tidak ingin menggunakan kata ‘serangan’ belum meskipun banyak poin untuk itu”

Insiden itu membangkitkan kenangan serangan di Nice, Prancis pada bulan Juli ketika kelahiran Tunisia mandrove truk 19 ton sepanjang pantai depan, menyeret ke bawah orang-orang yang telah berkumpul untuk menyaksikan kembang api di Bastille Day, menewaskan 86 orang.

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan Kanselir Angela Merkel telah diberitahu tentang situasi oleh de Maiziere dan walikota Berlin. Polisi mengatakan tidak ada indikasi situasi berbahaya lebih lanjut di daerah dan mendesak orang-orang untuk tinggal jauh dari tempat kejadian.

“Saya sangat terguncang tentang berita mengerikan dari apa yang terjadi di gereja memorial di Berlin,” kata Menteri Luar Negeri Frank-Walter Steinmeier.

Truk berbelok ke pasar, ketika orang dewasa dan anak-anak akan berkumpul di cluster tradisional pondok kayu yang menjual barang-barang makanan dan Natal dalam perayaan tahunan direplikasi di Jerman dan sebagian besar Eropa Tengah .

Penembakan Dubes Rusia di Ankara, Turki

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova kepada wartawan pada hari Senin menyatakan bahwa duta besar Rusia ke Turki, Andrey Karlov, meninggal setelah ditembak oleh seorang penembak.

Pria bersenjata yang menembak duta besar Rusia Senin adalah seorang perwira polisi yang tidak bertugas yang bekerja di ibukota Turki, dua sumber keamanan kepada Reuters. Media pemerintah Turki sebelumnya melaporkan bahwa pria bersenjata itu telah ditembak mati setelah serangan tersebut.

Penyerang menunjukkan ID polisi di pintu masuk galeri seni, dan berpakaian dan berbicara Turki, NBC News menegaskan.

Menter Luar Negeri AS John Kerry mengutuk pembunuhan duta besar Rusia pada hari Senin, dan mengatakan Amerika Serikat siap untuk membantu Rusia dan Turki menyelidiki serangan tersebut.

Kementerian luar negeri Rusia sebelumnya mengkonfirmasi serangan terjadi saat Duta Besar Karlov, 62 tahun, berpidato pada pembukaan pameran fotografi. Surat kabar Hurriyet mengatakan pasukan khusus Turki telah mengepung gedung. NTV mengatakan tiga orang lainnya terluka.

Rusia dan Turki telah terlibat dalam konflik di Suriah melintasi perbatasan dari mana lebih dari 2 juta pengungsi Suriah telah menetap. Turki telah menjadi penentang Presiden Bashar al-Assad, sementara Rusia telah mengerahkan tentara dan angkatan udara dalam mendukung pemimpin Suriah.

Lira Turki dan rubel Rusia jatuh ke posisi terendah sesi terhadap dolar pada Senin menyusul laporan tersebut.

Lira terakhir turun sekitar 0,6 persen pada 3,526 lira per dolar, sedangkan rubel mencapai sesi rendah dari 62,045 rubel per dolar sebelum menapak ke 61,9305, menurut data Reuters.

iShares MSCI Turki ETF dan VanEck Vektor Rusia ETF diperdagangkan lebih rendah di perdagangan pagi hari Senin.

Treasury safe haven AS memperpanjang kenaikan harga pada hari Senin. Obligasi pemerintah AS dipandang sebagai aset berisiko rendah ketika ada ketidakpastian politik atau lainnya. Harga obligasi telah naik sebelumnya pada Senin karena beberapa investor menutup posisi short menuju ke liburan akhir tahun.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here