Pertumbuhan Ekonomi AS Q3 Naik Tertinggi 2 Tahun

504

Pembacaan akhir untuk PDB kuartal ketiga AS direvisi menjadi 3,5% dari estimasi sebelumnya 3,2% dan juga lebih kuat dari perkiraan konsensus tingkat 3,3%.

Angka ini adalah tingkat pertumbuhan terkuat sejak kuartal ketiga 2014 dan meningkat dari 1,4% untuk kuartal kedua, yang akan meningkatkan optimisme seputar prospek ekonomi AS.

united-states-gdp-growth

Perkiraan konsumsi pribadi direvisi lebih tinggi menjadi 3,0% dari estimasi sebelumnya 2,8% dan menyusul pertumbuhan 4,3% untuk kuartal kedua.

Angka total investasi direvisi menjadi 3,0% dari 2,1% di estimasi sebelumnya dengan revisi ke atas untuk sebagian besar kategori dan diikuti penurunan 7,9% untuk kuartal sebelumnya. Dalam data belanja modal, estimasi investasi non-perumahan dinaikkan menjadi 1,4% dari 0,1% sebelumnya.

Tidak ada perubahan signifikan untuk komponen perdagangan, yang memberikan kontribusi positif untuk kuartal tersebut, sedangkan perkiraan belanja pemerintah meningkat menjadi 0,8% dari 0,2%. Ada juga kontribusi positif dari persediaan bisnis.

Indeks harga GDP tidak berubah dari perkiraan sebelumnya 1,4% dengan indeks harga PCE direvisi naik menjadi 1,5% dari 1,4%.

Data keseluruhan akan mempertahankan harapan momentum positif dalam perekonomian dan akan membantu menjaga sentimen positif seputar prospek jangka pendek. Ada juga sedikit lebih kuat pembacaan dari yang diharapkan untuk pesanan barang tahan lama, yang akan meningkatkan kepercayaan pada prospek investasi, kunci metrik untuk Federal Reserve.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang
Image : Vibizmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here