Harga Rumah Inggris Akhir Tahun Meningkat, Proyeksi Tahun 2017 Permintaan Berkurang

269

Harga rumah naik selama Desember di tingkat bulanan tercepat sejak Maret, kata Halifax, Senin (09/01), meskipun pertumbuhan melambat karena ketidakpastian Brexit berat terhadap perekonomian. Rata-rata harga rumah Inggris Raya tumbuh sebesar 1,7% pada bulan ke bulan pada Desember, naik dari 0,6% pada bulan November.

Pada dasar tahunan, harga rumah naik 6,5% selama bulan, naik dari 6% pada bulan November. Rata-rata harga rumah UK sekarang £ 224.484. Demikian menurut indeks harga rumah Halifax untuk Desember.

united-kingdom-housing-index

“Pertumbuhan ekonomi lambat, tekanan pada pekerjaan dan daya beli, bersama-sama dengan kendala keterjangkauan, diperkirakan mengurangi permintaan perumahan selama 2017,” kata Martin Ellis, ekonom perumahan di Halifax.

“Harga rumah Inggris, bagaimanapun terus didukung oleh kekurangan berkelanjutan properti untuk dijual, rendahnya tingkat housebuilding, dan tingkat suku bunga sangat rendah.

“Secara keseluruhan, pertumbuhan harga rumah tahunan nasional kemungkinan besar diperkirakan akan melambat untuk 1-4% pada akhir 2017. Kisaran yang relatif luas untuk perkiraan mencerminkan lebih tinggi dari tingkat ketidakpastian mengenai prospek ekonomi Inggris tahun ini. ”

Pada rencana saat ini, pemerintah Inggris diatur untuk melaksanakan Pasal 50 pada akhir Maret 2017, membantu mendorong proses negosiasi dua tahun formal meninggalkan Uni Eropa (EU). Hubungan masa depan antara Inggris dan Uni Eropa, mitra dagang utama, masih belum jelas.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here