Tingkat Pengangguran November Zona Eropa Tidak Berubah, Pengangguran Italia Meningkat

395

Tingkat pengangguran zona Eropa tidak berubah pada 9,8% untuk November dari bulan sebelumnya dan juga sejalan dengan ekspektasi konsensus pasar.

Tingkat ini menyamai tingkat terendah sejak Juli 2009 dan juga menurun dari 10,5% terlihat pada November 2015.

Tingkat pengangguran kaum muda meningkat menjadi 21,2% dari 20,9% sebelumnya, meskipun ada pengurangan bersih dari 21,8% terlihat pada bulan November 2015.

Pengangguran Jerman diadakan pada rekor rendah 4,1% di bawah definisi ILO dan tingkat pengangguran Prancis turun menjadi 9,5% dari 9,7%. Sebaliknya, total pengangguran Italia meningkat menjadi 11,9% dari 11,8% dan juga naik dari 11,5% pada bulan November 2015, yang akan mempertahankan kekhawatiran seputar struktural kelemahan Italia.

Masih akan ada tekanan bagi ECB untuk mempertahankan kebijakan moneter yang sangat agresif dalam upaya untuk mendukung permintaan, terutama dengan kekhawatiran bahwa pertumbuhan bisa goyah sangat cepat.

Masalah struktural yang serius juga akan berlanjut, terutama mengingat situasi di Italia dengan kekhawatiran bahwa pengangguran tetap tinggi akan lebih mengikis dukungan pemilih untuk keanggotaan Euro. Tren ini akan meningkatkan risiko krisis politik, yang juga akan merusak kepercayaan yang lebih luas dalam ekonomi zona Eropa.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here