Google Butuh Dana dan Jual Bisnis Satelitnya

630

Perusahaan teknologi raksasa dunia yang memiliki situs pencari paling populer di dunia internet, Alphabet Inc. Google akan menjual salah satu bisnisnya kepada pesaingnya yang bergerak dalam bisnis satelit. Google diberitakan sedang dalam pembicaraan dengan Planet Labs Inc, untuk menjual unit usaha yang dibeli pada tahun 2014 lalu.

Unit usaha yang memiliki bisnis membuat satelit tersebut bernama Terra Bella, yang telah meluncurkan tujuh satelit kecil dengan berat sekitar 220 pon untuk menangkap gambar udara bumi.  Tujuan Google menjual bisnis satelitnya ini untuk mengumpulkan dana mengakuisisi perusahaan yang nantinya menunjang bisnis Google.

Sebelum merencanakan menjual Terra Bella, Google sudah banyak menjual anak usaha lainnya demi  membantu membayar ekspansi raksasa internet dunia ini. Tahun 2014, Google membeli Terra Bella yang awalnya bernama Skybox Imaging senilai U$500 juta atau sekitar Rp6,6 triliun.

Selama ini satelit buatan  Terra Bella mampu menyediakan gambar udara bumi dengan resolusi tinggi baik gambar bergerak atau video maupun gambar tidak bergerak. Satelit tersebut juga dapat menyajikan video klip berdurasi 90 detik. Sebelum diakuisisi Google, Skybox Imaging didirikan tahun 2009

H Bara/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here