Produksi Industri November Inggris Rebound; Defisit Perdagangan Melebar

576

Produksi industri Inggris pulih di bulan November, dibantu oleh pemulihan di minyak dan gas, menambah tanda-tanda bahwa ekonomi terus meraih momentum pada akhir 2016.

Tapi kinerja perdagangan Inggris memburuk pada bulan ini, sebagai nilai catatan impor barang melebihi ekspor yang juga mencapai semua-waktu tinggi, menunjukkan penurunan pound sejak referendum belum meningkatkan keseimbangan perdagangan Inggris.

Kantor Statistik Nasional (ONS) mengatakan pada hari Rabu (11/01) bahwa produksi industri naik 2,1 persen pada November saja, pulih dari penurunan 1,1 persen pada Oktober dan mengalahkan ekspektasi untuk kenaikan 0,8 persen dalam jajak pendapat Reuters ekonom.

united-kingdom-industrial-production-mom

Angka terpisah dari ONS menunjukkan defisit perdagangan barang Inggris dengan seluruh dunia melebar menjadi 12,2 miliar pound ($ 14800000000) pada bulan November, lebih besar dari semua perkiraan dalam jajak pendapat.

Ketahanan ekonomi Inggris sejak keputusan Juni untuk meninggalkan Uni Eropa telah hampir seluruhnya ditujukan untuk sektor jasa di negara itu, dengan produksi industri secara luas datar selama beberapa bulan terakhir.

Peningkatan besar dalam produksi industri pada bulan November sebagian besar mencerminkan pembukaan kembali ladang minyak Buzzard di Laut Utara – yang bertanggung jawab untuk sekitar sepersepuluh dari produksi minyak Inggris – dan peningkatan produksi obat-obatan, yang volatile.

Produksi manufaktur naik 1,3 persen setelah kontraksi 1,0 persen pada Oktober, dibandingkan dengan perkiraan untuk kenaikan 0,5 persen dalam jajak pendapat Reuters.

Pada bulan November saja, nilai ekspor barang meningkat menjadi 27,0 miliar pound, tapi impor juga memukul semua waktu tinggi hampir 39,2 miliar pound, dengan kedua angka didorong oleh penurunan sterling yang telah mulai mendorong inflasi.

Defisit perdagangan Inggris dengan Uni Eropa melebar ke rekor 8586000000 pound.

Pendukung keluar Inggris dari Uni Eropa telah mengatakan ukuran defisit memperkuat tangan negara dalam perundingan Brexit mendatang dengan sisa blok tersebut.

ONS juga merilis angka untuk produksi konstruksi pada bulan November, yang jatuh 0,2 persen pada bulan ini dan naik 1,5 persen pada tahun ini. Jajak pendapat Reuters telah menunjukkan pertumbuhan 0,3 persen pada bulan ini dan 2,0 persen pada tahun ini.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY