Bursa Eropa 12 Januari Bergerak Negatif Pasca Pernyataan Trump

173

Bursa-bursa di Eropa diperdagangkan lebih rendah pada Kamis (12/01) karena investor mewaspadai laporan perusahaan dan mencerna pernyataan Presiden terpilih AS Donald Trump saat konferensi pers semalam.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 adalah 0,4 persen lebih rendah dengan semua indeks utama dan sebagian besar sektor bergerak ke selatan. Saham perawatan kesehatan adalah pemain terburuk, jatuh lebih dari 1,2 persen, setelah komentar dari Trump Rabu bahwa industri farmasi adalah “getting away with murder.”

Indeks FTSE berada pada 7.276,74, turun -13,75 poin atau -0,19%

Indeks DAX berada pada 11.579,26, turun -66,91 poin atau -0,57%

Indeks CAC berada pada 4.867,35, turun -21,36 poin atau -0,44%

Indeks IBEX 35 berada pada 9.361,60, turun -47,00 poin atau -0,50%

Telekomunikasi turun sebesar 0,9 persen. Reuters melaporkan bahwa Fininvest, pemegang saham Mediaset, belum menerima usulan dari kelompok media Prancis Vivendi untuk menyelesaikan perselisihan antara perusahaan. Pada bulan Desember, media raksasa Perancis mengangkat sahamnya di Mediaset untuk 28,8 persen.

Saham perusahaan barang mewah Richemont memimpin kenaikan di Eropa, melompat lebih dari 9 persen, setelah melaporkan penjualan 3,09 miliar euro pada kuartal terakhir 2016.

Marks & Spencer naik lebih dari 4 persen pada awal perdagangan setelah memperrtahankan proyeksi fiskal tahun tidak berubah pada hari Kamis dan mengumumkan kinerja yang lebih baik dari perkiraan di kedua penjualan pakaian dan rumah untuk kuartal ketiga.

Tesco, yang terbesar supermarket U.K., mengatakan bahwa yang mendasari penjualan naik 0,7 persen di periode Natal. Namun, sahamnya turun sebesar 2 persen pada awal perdagangan.

Dalam hal data, Bank Sentral Eropa akan merilis pertemuan kebijakan moneter terbaru dan zona Eropa akan menerima angka produksi industri terbaru. Di Prancis, partai sosialis menjadi tuan rumah perdebatan pertama untuk pendahuluan menjelang pemilihan presiden tahun ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati data ekonomi zona Eropa dan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY