Pentingnya Penilaian Aset Properti

2867

Dunia penilaian saat ini berkembang selaras dengan perkembangan dunia perekonomian. Hal ini terjadi karena penilaian merupakan pengembangan proporsional dari kegiatan ekonomi. Demikian juga penilaian yang perkembangannya mengikuti perkembangan  teori ekonomi, di antaranya : prinsip utility, scarcity, desire, demand & supply yang merupakan dasar dari aktivitas perekonomian.

Penilaian diterapkan di banyak aktivitas bisnis dan ekonomi. Misalnya, dengan adanya investasi dari investor asing diperlukan penilaian properti untuk digunakan oleh para investor. Pemerintah juga memerlukan penilaian untuk membayar ganti rugi tanah yang diambil alih untuk digunakan sebagai salah satu sarana publik. Kegiatan penilaian yang selalu ramai adalah penilaian jaminan untuk kredit perbankan baik untuk tujuan konsumsi maupun KPR. Dengan dibentuknya Pusat investasi Pemerintah (PIP) maka aspek penilaian juga menjadi sangat penting, baik penilaian properti ataupun penilaian bisnis.

Penilaian sendiri adalah profesi spesialisasi yang membutuhkan pendidikan yang berkualitas. Untuk itu memang sudah ada lembaga pendidikan yang kompeten, dengan durasi pendidikan yang tidak sebentar. Di sisi lain, dibutuhkan juga pengembangan keahlian terkait penilaian yang lebih bersifat praktis. Ini terutama dibutuhkan oleh para manajer atau tim di perusahaan yang sehari-harinya sering harus melakukan fungsi penilaian yang tidak harus terlalu detail, tetapi dalam frekuensi yang relatif sering. Untuk keperluan demikian, disediakan saat ini pelatihan praktis “Penilaian Aset Properti”.

Tujuan Belajar Penilaian Aset Properti

Dengan adanya kebutuhan penilaian yang bervariasi, maka perlu sekali untuk belajar tentang penilaian aset properti yang tujuannya :

  1. Bagi petugas surveyor sangat penting memahami dasar penilaian dan prosedur penilaian untuk menghasilkan data yang benar dan sesuai dengan kebutuhan. Semakin rumit kegiatan penilaian maka semakin perlu pengetahuan dasar yang diperlukan.
  2. Bagi analis kredit walaupun tidak perlu untuk menjadi ahli namun harus memahami dasar penilaian dan standar penilaian yang terkait.
  3. Membentuk personal skill dengan mengembangkan character, integrity, serta profesionalisme dari penilaian yang subyektif menjadi penilaian yang benar-benar obyektif sesuai dengan data yang tersedia.


Materi Penilaian Aset Properti :

Dalam penilaian aset properti akan dibahas hal-hal berikut ini :

  1. Definisi, konsep dan prinsip-prinsip dalam Penilaian Aset.
  2. Metodologi dan pendekatan dalam Penilaian Aset.
  3. Model Penilaian Investasi.
  4. Pendekatan Data Pasar.
  5. Pendekatan Biaya.
  6. Pendekatan Pendapatan.
  7. Penilaian Tanah dan Bangunan.
  8. Penilaian Mesin dan Peralatan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan Penillaian Aset Properti dapat menghubungi sdri. Ria 0812.8830.0224, email: vibizpba@gmail.com atau dapat mengunjungi website kami di www.vibizlearning.com.

 

LEAVE A REPLY