Inflasi Awal Tahun AS Naik Tertinggi 4 Tahun

326

Harga orang Amerika untuk membayar barang dan jasa melonjak pada bulan Januari dengan jumlah terbesar dalam empat tahun, sebagian besar mencerminkan rebound dalam biaya bensin yang mengambil bagian besar dari pendapatan rumah tangga.

Indeks harga konsumen, atau biaya hidup, naik secara musiman disesuaikan 0,6% pada Januari, kata pemerintah AS, Rabu (15/02). Ekonom yang disurvei MarketWatch memperkirakan kenaikan 0,3%.

united-states-inflation-rate-mom

Seperti telah terjadi akhir-akhir ini, peningkatan besar dalam biaya bensin menyumbang hampir setengah dari kenaikan inflasi konsumen pada bulan Januari.

Biaya mengisi di SPBU telah naik dengan rata-rata nasional $ 2,30 per galon dari hanya di bawah $ 2 musim semi lalu, menurut angka pemerintah.

Meningkatnya biaya bensin menekan rumah tangga AS dan mendorong inflasi lebih tinggi setelah beberapa tahun tekanan harga yang sedikit, sebuah tren yang juga bisa menghasilkan suku bunga yang lebih tinggi di masa depan.

Selama tahun lalu indeks harga konsumen telah naik 2,5%, kenaikan terbesar dalam rentang 12 bulan dalam lima tahun.

united-states-inflation-cpi

Selama bertahun-tahun inflasi yang rendah telah membantu menjaga Fed dari menaikkan suku bunga rendah secara historis, tetapi beberapa pejabat bank atas menunjukkan waktunya telah datang untuk menjadi lebih agresif.

Yellen meninggalkan pintu terbuka untuk kenaikan suku bunga pada bulan Maret.

Biaya bensin tampaknya meratakan off, bagaimanapun, jadi tidak jelas apakah inflasi akan terus merayap lebih tinggi.

Namun, gas bukan satu-satunya pokok yang mendapat lebih mahal. Sewa telah meningkat dengan cepat dan biaya medis telah meningkat.

Sementara uang orang Amerika yang keluar lebih untuk perumahan dan perawatan kesehatan, namun, mereka membayar lebih sedikit untuk bahan makanan. Biaya makanan naik sedikit pada bulan Januari, tapi orang Amerika membayar sekitar 2% lebih sedikit untuk bahan makanan sekarang dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dikeluarkannya makanan dan energi sebagai kategori volatile, yang disebut harga konsumen inti naik lebih lambat 0,3% pada bulan Januari. Tingkat inti telah naik 2,3% pada tahun lalu, sedikit berubah dari bulan sebelumnya.

united-states-core-inflation-rate

Kombinasi kenaikan ringan dalam membayar pekerja dan inflasi yang lebih tinggi bisa meredam pengeluaran konsumen bergerak maju. Upah per jam riil turun 0,5% pada bulan Januari, mencerminkan tekanan kepada konsumen dengan harga bensin yang lebih tinggi. Upah riil atau disesuaikan dengan inflasi yang datar selama 12 bulan terakhir.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here