Optimisme Konsumen Indonesia Februari Naik Tertinggi 2 Tahun

799

Optimisme konsumen Indonesia meningkat pada bulan Februari, mencapai angka tertinggi sejak Februari 2015 dengan rumah tangga berharap kondisi ekonomi menguat selama enam bulan ke depan, terutama karena meningkatnya aktivitas bisnis dan penciptaan lapangan kerja.

Survei Konsumen yang dirilis Bank Indonesia pada Rabu (08/03) menunjukkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2017 sebesar 117,1, lebih tinggi dibandingkan 115,3 pada bulan sebelumnya. Peningkatan IKK terutama bersumber dari peningkatan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 2,6 poin.

indonesia-consumer-confidence

Dalam survey tersebut konsumen memperkirakan tekanan harga pada 3 dan 6 bulan mendatang cenderung menurun. Hal ini ditunjukkan oleh Indeks Ekspektasi Harga (IEH) untuk 3 bulan mendatang (Mei 2017) yang turun 1,0 poin dari bulan sebelumnya menjadi 170,8. Menurunnya IEH 3 bulan mendatang dipengaruhi oleh ekspektasi terhadap terjaganya pasokan bahan pokok oleh Pemerintah menjelang bulan puasa.

Demikian halnya dengan IEH untuk 6 bulan mendatang (Agustus 2017) yang turun 1,2 poin menjadi 174,8 yang diperkirakan dipengaruhi oleh ekspektasi terhadap kembali normalnya permintaan pasca Idul Fitri.

Di samping itu, hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan adanya peningkatan jumlah tabungan dan posisi pinjaman pada posisi 6 bulan ke depan (Agustus 2017) dibandingkan bulan sebelumnya.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY