Bursa Eropa 15 Maret Bergerak Naik Menjelang Keputusan The Fed AS

377

Pasar Saham Eropa bergerak sebagian besar lebih tinggi hari Rabu (15/03) menjelang pertemuan Federal Reserve AS.

Indeks FTSE bergerak pada 7.371,03, naik 13.18 poin atau 0,18%

Indeks DAX bergerak pada 11.993,65, naik 4,86 poin atau 0,04%

Indeks CAC bergerak pada 4.972,72, turun -1,54 poin atau -0,03%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 9.955,00, naik 49.90 poin atau 0,50%

Pan-Eropa Stoxx 600 adalah 0,32 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor perdagangan di wilayah positif. Sumber daya dasar memimpin kenaikan setelah harga bijih besi dan baja Tiongkok melonjak pada belanja infrastruktur.

Saham minyak dan gas juga lebih tinggi karena harga minyak rebound dari level terendah tiga bulan. Brent diperdagangkan 1,5 persen lebih tinggi pada $ 51,73 per barel dan WTI naik 1,8 persen pada $ 48,61. Hal ini terjadi setelah Goldman Sachs mengatakan kepatuhan OPEC dengan pemangkasan produksi tetap tinggi meskipun laporan bulanan kelompok menunjukkan kenaikan persediaan minyak mentah global dan lonjakan produksi dari Arab Saudi.

Melihat saham tertentu, pembuat kursi pesawat Perancis, Zodiac Aerospace berada di bawah patokan setelah peringatan laba lain. Sahamnya tenggelam 13 persen pada penawaran awal. Hennes & Mauritz pindah sekitar 5 persen lebih rendah pada awal perdagangan setelah peritel Swedia membukukan penjualan lebih rendah dari perkiraan.

Sebaliknya, produsen obat Hikma mencapai puncak patokan Eropa, naik hampir 7 persen, setelah menghadirkan setahun penuh laba operasi inti lebih tinggi sebesar 2,4 persen.

Investor akan mencermati perkembangan politik di Eropa dengan fokus khusus pada Belanda, di mana para pemilih akan memilih perdana menteri berikutnya di tengah meningkatnya dukungan bagi partai-partai anti kemapanan. Jajak pendapat pertama diharapkan pada 20:00 waktu London.

Fokus lain pelaku pasar adalah pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve. Ketua Janet Yellen akan mengumumkan keputusan terbaru bank di 18:00 waktu London. Sebagian besar pelaku pasar percaya akan ada kenaikan suku bunga baru.

Dalam hal data, zona euro akan merilis data tenaga kerja terbaru.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati perkembangan di AS menjelang keputusan suku bunga AS, juga bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY