Bursa Wall Street Berakhir Lemah, Sektor Perawatan Kesehatan Merosot Setelah Usulan Pemotongan Anggaran

364

Bursa Saham AS ditutup sebagian besar lebih rendah pada akhir perdagangan Jumat dinihari (17/03) dengan kenaikan moderat sektor keuangan gagal untuk mengimbangi penurunan dalam sektor perawatan kesehatan dan utilitas. Penurunan juga terpengaruh pelemahan minyak mentah.

Sektor utilitas ditutup hampir 1,1 persen lebih rendah sebagai pemain terburuk di S & P 500, diikuti oleh sektor kesehatan, yang kehilangan 0,9 persen. Dalam perawatan kesehatan, saham Biogen memimpin penurunan, turun hampir 4,7 persen setelah Morgan Stanley menurunkan peringkat saham untuk bobot yang sama.

Analis juga menyatakan kerugian sektor perawatan kesehatan secara keseluruhan disebabkan cetak biru anggaran Presiden Donald Trump, yang dirilis Kamis, bahwa usulan pemotongan belanja National Institutes of Health’s (NIH) pada $ 5,8 miliar.

Sebelumnya, sektor kesehatan mencapai tertinggi baru seperti Agustus 2015.

Sektor keuangan ditutup 0,3 persen lebih tinggi sebagai top performer di S & P.

Goldman Sachs dan IBM memiliki dampak positif terbesar dalam Dow Jones industrial average.

Indeks komposit Nasdaq naik tipis, berakhir dalam seperempat persen semua waktu intraday tinggi.

Dow dan S & P ditutup dalam waktu 1,5 persen dari rekor tertinggi mereka.

Harga minyak mentah berjangka AS membalikkan keuntungan sebelumnya , berakhir turun 11 sen menjadi $ 48,75 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Turun Terganjal Peningkatan Produksi AS

Dalam berita perusahaan, pembuat pakaian mewah Kanada Goose yang berbasis di Toronto, melaksanakan go public di Bursa Efek New York, Kamis. Saham dibuka pada US $ 18 dan ditutup pada $ 16,08, sekitar 25 persen di atas harga IPO mereka. Kanada Goose juga akan diperdagangkan di Bursa Efek Toronto.

Saham Snap, IPO baru lain dan pemilik dari Snapchat, turun 4,2 persen menjadi ditutup di bawah $ 20 per saham.

Indeks saham berjangka diadakan lebih tinggi setelah laporan ekonomi Kamis pagi. Survei terbaru Job Openings dan Perputaran Tenaga Kerja menunjukkan lowongan pekerjaan sedikit berubah pada 5,6 juta pada hari kerja terakhir Januari 2017.

Klaim pengangguran awal mingguan jatuh ke 241.000. Perumahan mulai naik pada bulan Februari ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 1.288.000, lebih dari yang diharapkan. Indeks Fed Philly juga melampaui perkiraan di 32,8 untuk Maret.

Emas berjangka melompat ke tertinggi sejak 6 Maret. Emas berjangka untuk pengiriman April ditutup naik $ 26,40 pada $ 1,227.10 per ons.

Lihat : Harga Emas Naik Terpicu Pelemahan Dollar AS

Hasil Treasury naik lebih tinggi, memantapkan setelah penurunan Rabu sore. imbal hasil 2 tahun obligasi berakhir di dekat 1,34 persen dan imbal hasil 10-tahun diperdagangkan sekitar 2,53 persen.

Indeks dolar AS diperdagangkan sekitar setengah persen lebih rendah, dengan euro sekitar $ 1,077 dan yen dekat 113.2.

Euro berada di atas $ 1,07 Rabu setelah pemilihan Belanda memberi kemenangan Perdana Menteri Mark Rutte atas saingan populis Geert Wilders.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup 15,55 poin lebih rendah, atau 0,07 persen, di 20,934.55. Saham Chevron dan 3M berkontribusi paling besar dalam kerugian, sementara saham Goldman Sachs dan IBM memiliki dampak positif terbesar.

Indeks S & P 500 kehilangan 3,88 poin, atau 0,16 persen, pada 2,381.38. Utilitas memimpin tujuh sektor yang lebih rendah, sementara keuangan naik tertinggi.

Indeks komposit Nasdaq ditutup naik 0,71 poin, atau 0,01 persen, pada 5,900.76.

Malam nanti akan dirilis data Produksi Industri dan Michigan Consumer Sentiment yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street selanjutnya akan bergerak positif dengan data ekonomi positif. Bursa juga akan mencermati harga minyak mentah dan perkembangan kebijakan pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY