Bursa Shanghai 20 Maret Berakhir Naik Terdukung Rally Saham Energi

338
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Senin (20/03), indeks Shanghai berakhir naik 0,4 persen atau 13 poin di 3,250.52. Bursa Saham Shanghai mengakhiri sedikit lebih tinggi pada Senin, karena keuntungan yang kuat di saham energi mengimbangi kelemahan di pengembang menyusul langkah-langkah baru untuk mendinginkan pasar properti.

Dampak dari langkah-langkah pendinginan properti sebelumnya oleh banyak kota mungkin telah berumur pendek, data menunjukkan pada hari Sabtu. Harga rumah Tiongkok mengambil kecepatan lagi pada bulan Februari setelah melambat dalam empat bulan sebelumnya, sedangkan penjualan melonjak.

Selama seminggu terakhir, sejumlah pemerintah daerah telah meningkatkan pembatasan investasi properti, dan pemerintah pusat berjanji untuk mengendalikan pinjaman bank untuk sektor properti.

Indeks pelacakan sektor properti membukukan hari terburuk dalam tiga bulan, setelah banyak kota memberlakukan pembatasan properti baru selama akhir pekan.

Investor di Tiongkok sedang terpecah antara data terbaru menunjukkan ekonomi kuat dan kekhawatiran terjadinya pengetatan kebijakan, sekalipun sementara bertahap, akhirnya akan menyebabkan biaya pinjaman yang lebih tinggi dan aktivitas bisnis merosot.

Pekan lalu, bank sentral Tiongkok menaikkan suku bunga jangka pendek untuk ketiga kalinya dalam beberapa bulan terpicu langsung dari kenaikan suku bunga AS.

Pada akhir perdagangan kinerja sektor dicampur.

Sementara saham-saham properti merosot di pasar, perusahaan-perusahaan energi rally kuat, dipimpin oleh kapital besar China Shenhua setelah tambang batubara terbesar di negara itu mengumumkan proposal pembayaran dividen yang spektakuler.

Saham perusahaan tambang batubara melonjak mencapai limit perdagangan mereka 10 persen menjadi ditutup pada tertinggi 19-bulan, sebagai perusahaan yang diusulkan untuk membayar dividen total sebesar 59 miliar yuan ($ 8540000000) secara tunai setelah mencatat kenaikan 40,7 persen laba bersih untuk 2016.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan mencermati perkembangan ekonomi domestik. Jika sentimen pengetatan kebijakan mencuat, akan menekan bursa. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3153-3056, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3351-3452.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here