Harga Batubara Rotterdam Akhir Pekan Naik; Mingguan Masih Negatif

156

Pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (18/03), harga batubara Rotterdam naik terdorong kenaikan harga minyak mentah.

Harga minyak naik tipis pada akhir perdagangan akhir pekan, Sabtu dinihari (18/03), dan menyelesaikan minggu ini dengan kenaikan moderat setelah kehilangan hampir 10 persen pekan sebelumnya di tengah kekhawatiran bahwa pemotongan produksi OPEC gagal untuk mengurangi kelebihan pasokan global.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) ditutup naik 3 sen atau 0,1 persen, menjadi $ 48,78 per barel. WTI mengakhiri perdagangan minggu ini sekitar 0,6 persen lebih tinggi. Harga minyak mentah berjangka Brent naik 3 sen pada $ 51,77 per barel, pada 15:34 ET (1934 GMT).

Lihat : Harga Minyak Mentah Akhir Pekan Naik Tipis; Mingguan Naik Kurang 1 Persen

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak April 2017 berada di posisi 71,90 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,20 dollar atau setara dengan 0,28 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Untuk minggu ini harga batubara turun -0,21 persen terpicu volatilitas harga minyak mentah yang naik turun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik jika pelemahan dollar AS terus berlanjut. Harga batubara berjangka berpotensi menguji level Resistance pada posisi 72,40 dollar dan Resistance kedua di level 72,90 dollar. Sedangkan level Support yang akan diuji jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 71,40 dollar dan 70,90 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY