Harga Karet Tocom Mingguan Melonjak 2 Persen

288

Pasar komoditas Jepang ditutup pada Senin ini untuk liburan musim semi Equinox.

Harga karet Tocom pada perdagangan akhir pekan Jumat (17/03) berakhir naik 1,6%, setelah menyentuh tertinggi sejak 8 Maret lalu sebagai perusahaan berjangka Shanghai meningkatkan sentimen pasar.

Tokyo Commodity Exchange (TOCOM) berjangka, yang mengatur untuk harga karet ban di Asia Tenggara, mencatat kenaikan mingguan 2,4% sebagai pialang mengatakan, tekanan jual pada pasar secara keseluruhan telah mereda setelah berita bahwa Thailand telah menunda lelang untuk 120.000 ton karet karena harga rendah.

Tokyo Commodity Exchange kontrak karet untuk pengiriman Agustus selesai 4,1 yen lebih tinggi pada 268 yen (US $ 2,36) per kg, setelah naik ke puncak dari 270 yen.

Persediaan karet di gudang dipantau oleh Shanghai Futures Exchange naik 2,4% dari Jumat lalu, bursa, Jumat.

Kontrak karet yang paling aktif di bursa berjangka Shanghai untuk pengiriman Mei naik 530 yuan untuk menyelesaikan di 18.230 yuan (US $ 2.640) per ton.

Untuk minggu ini harga karet Tocom naik 2,4 persen. Kenaikan mingguan sebagian besar didukung pelemahan Yen dan kenaikan harga minyak mentah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya akan mencermati pergerakan Yen dan minyak mentah. Jika dollar AS terus melemah hari ini, akan menguatkan Yen dan dapat menekan harga karet Tocom.

Untuk sesi perdagangan selanjutnya harga diperkirakan akan menemui level Support di posisi 263,00 yen. Support selanjutnya ada di 258,00 yen. Sementara itu jika harga naik akan menemui Resistance di posisi 273,00  yen dan 25789,00  yen.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY