Indeks Shanghai 20 Maret Bergerak Naik Tipis Terbantu Pernyataan Optimis Gubernur PBOC

209

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Senin (20/03), Indeks Shanghai bergerak datar, saat ini terpantau naik tipis 2,13 poin atau 0,07 persen menjadi 3239.57. Bursa Shanghai bergerak naik terdukung pernyataan optimis Gubernur Bank Sentral Tiongkok.

Gubernur Bank Sentral Tiongkok Zhou Xiaochuan mengatakan prospek pertumbuhan telah meningkat di ekonomi terbesar kedua di dunia ini, tetapi kebijakan moneter tetap prudent dan netral.

Awal pekan ini, Tiongkok menerbitkan data optimis menunjukkan ekonominya menuju ke awal yang kuat untuk 2017, didukung oleh pinjaman bank, lonjakan infrastruktur pemerintah dan kebangkitan investasi swasta.

“Tingkat pertumbuhan ekonomi Tiongkok stabil secara keseluruhan, dengan prospek pertumbuhan membaik,” kata Zhou, menurut sebuah posting di situs Bank Rakyat Tiongkok, Sabtu. “Tiongkok akan terus menerapkan kebijakan fiskal aktif, dan kebijakan moneter yang prudent dan netral.”

Lihat : Gubernur Bank Sentral Tiongkok : Prospek Pertumbuhan Ekonomi Meningkat

Kenaikan bursa juga didukung menguatnya harga properti Tiongkok. Data resmi pada hari Sabtu menunjukkan bahwa harga properti Tiongkok naik pada bulan Februari setelah melambat dalam empat bulan terakhir. Harga rumah baru naik 0,3 persen, dibandingkan dengan kenaikan 0,2 persen bulan Januari. Sementara itu, penjualan properti melonjak 25,1 persen pada Januari dan Februari, pertumbuhan tahunan terkuat dalam tujuh tahun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai berpotensi datar dengan kehati-hatian investor mencermati perkembanagn ekonomi domestik Tiongkok, yang jika terdapat sentimen positif eknomi dapat menguatkan bursa dan sebaliknya. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3139-3050, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3345-3450.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY