Tiongkok Dukung Perdagangan Bebas, Tolak Proteksionisme

250

Tiongkok menentang berbagai bentuk proteksionisme perdagangan dan mendukung perdagangan bebas, Wakil Perdana Menteri Zhang Gaoli mengatakan pada hari Minggu (19/03), menegaskan kembali sikap Beijing di tengah kekhawatiran atas permintaan global yang lemah.

“Tiongkok bersedia untuk bekerja dengan negara-negara lain untuk menentang berbagai bentuk proteksionisme perdagangan dan investasi,” kata Zhang dalam China Development Forum di Beijing.

“Kita harus teguh mendorong globalisasi ekonomi ke depan … kita tidak bisa menghentikan jejak kami karena kesulitan sementara.”

Zhang mengatakan pembuat kebijakan dunia harus melakukan proses globalisasi yang lebih “inclusive” dengan lebih menekankan pada kesetaraan.

“Ekonomi dunia adalah dalam penyesuaian mendalam, pertumbuhan lemah dan proteksionisme perdagangan meningkat,” kata Zhang.

Beijing sedang berjuang untuk mengatasi permintaan global yang lemah dan menghadapi risiko dari tumbuhnya proteksionisme perdagangan AS.

Pada bulan Januari, Presiden Cina Xi Jinping, sebagai keynote speaker di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, menawarkan pertahanan yang kuat dari globalisasi dan mengisyaratkan keinginan Beijing untuk memainkan peran yang lebih besar di panggung dunia.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here