Harga Kakao ICE Melonjak 5 Persen Terpicu Cuaca Panas Pantai Gading

193

Harga kakao berjangka ICE Futures pada akhir perdagangan Selasa dinihari (21/03) ditutup melonjak. Penguatan harga kakao terpicu kekuatiran gangguan cuaca panas yang dapat menekan produksi kakao di Pantai Gading.

Harga kakao berjangka melonjak di tengah kekhawatiran bahwa cuaca panas dapat mengancam tanaman pertengahan di Pantai Gading.

Di Pantai Gading musim kemarau berlangsung dari pertengahan November sampai Maret, dan sementara hujan sedikit dari yang diharapkan. Ada kekhawatiran atas fakta bahwa cuaca kering bertahan bahkan bisa sampai ke April. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman pertengahan dan hasil yang lebih rendah.

Laporan cuaca baru-baru ini menunjukkan cuaca panas yang hebat dan curah hujan yang tidak memadai di wilayah selatan Aboisso selama tiga minggu terakhir dan di wilayah timur. Petani Abengourou mengeluh bahwa hujan tidak memadai dan cuaca panas melemahkan tanamankakao. Wilayah ini dikenal untuk biji berkualitas tinggi. Kondisi pertumbuhan serupa telah dilaporkan di wilayah barat tengah Bouafle dan di wilayah tengah Yamoussoukro.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga kakao berjangka kontrak Mei 2017 yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan peningkatan. Harga komoditas tersebut ditutup melonjak sebesar 103 dollar atau 5,12 persen pada posisi 2.116 dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya berpotensi naik dengan kekuatiran cuaca panas di Pantai Gading. Demikiaj juga jika pelemahan dollar AS terus berlanjut, dapat semakin menguatkan harga kakao. Namun perlu dicermati upaya profit taking setelah harga meninggi.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk menembus level Resistance pada posisi 2.170 dollar. Jika level Resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 2.220 dollar. Sedangkan level Support yang akan ditembus jika terjadi penurunan ada pada 2.070 dollar dan 2.020 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY