Harga Rumah Januari AS Naik Tertinggi 31 Bulan

296

The S&P CoreLogic Case-Shiller US National Home Price index meningkat 5,9% pada tahunan ke Januari dari revisi 5,7% bulan sebelumnya. Data itu sedikit di atas ekspektasi konsensus 5,8% dan pembacaan tahunan tertinggi selama 31 bulan.

Indeks nasional disesuaikan secara musiman naik 0,6% pada bulan tersebut dengan hanya Cleveland mencatta penurunan harga 0,1% sementara indeks 20-kota naik 0,9% di bulanan.

Secara tahunan 20-kota meningkat menjadi 5,7% dari revisi 5,5%, awalnya dilaporkan sebagai 5,5%, sedangkan indeks 10-kota mencatat kenaikan tahunan 5,1% dari 4,8% pada bulan Desember.

Peningkatan tahunan terkuat tercatat di Seattle pada 11,3% menyusul peningkatan tahunan 9,7% untuk Portland. Keuntungan tahunan paling lambat di New York pada 3,2%.

Menurut David Blitzer, Managing Director dan Ketua Komite Indeks S & P Dow Jones Index, harga perumahan melanjutkan tren umumnya positif. Blitzer menambahkan bahwa peningkatan kecil di suku bunga tidak diharapkan untuk meredam pembelian rumah. Jika kita melihat tiga atau empat kenaikan tambahan tahun ini, kenaikan suku bunga KPR bisa menjadi perhatian.

Imbal hasil obligasi AS terus berada tepi bawah menyusul tingkat kenaikan Federal Reserve Maret dan juga akan ada sedikit penurunan suku bunga KPR yang akan membantu mendukung sektor perumahan dalam jangka pendek.

Tingkat kepercayaan konsumen akan diawasi ketat dalam jangka pendek dan setiap penurunan yang signifikan akan menjadi faktor negatif potensial penting untuk sektor perumahan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here