Pertemuan Jokowi-Hollande : Perancis Janjikan Investasi $ 2,6 Miliar Bagi Indonesia

1008

Kunjungan Presiden Perancis Francois Hollande ke Indonesia menjanjikan investasi senilai $ 2,6 miliar dan menegaskan memperdalam hubungan dengan negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara selama kunjungan hari Rabu kemarin.

Presiden Indonesia Joko Widodo menyambut baik komitmen baru oleh investor Perancis tersebut untuk meningkatkan keterlibatan mereka dalam investasi energi, infrastruktur dan industri ritel.

Pada pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Hollande menyaksikan penandatanganan lima nota kesepahaman meliputi pertahanan, pembangunan perkotaan yang berkelanjutan, penelitian, teknologi dan pariwisata, dan juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam isu maritim, perikanan dan industri kreatif seperti film dan fashion.

Hollande juga mengatakan Perancis tertarik untuk meningkatkan penjualan Airbus jet untuk penerbangan di Indonesia.

Kunjungan dua hari Hollande ke Indonesia adalah yang terakhir dari tur Asia Tenggaranya. Sebelumnya Hollande mengunjungi Malaysia dan Singapura. Kunjungan ini merupakan yang pertama kali oleh seorang kepala negara Prancis untuk Indonesia sejak tahun 1986.

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Perancis yang telah membantu melawan tindakan diskriminatif terhadap produk kelapa sawit Indonesia. Ia menegaskan, bahwa isu sustainability bagi kelapa sawit merupakan prioritas bagi Indonesia. “Indonesia  menyampaikan usulan agar pola kerja sama yang sudah terjalin untuk produk kayu juga dapat dilakukan untuk produk kelapa sawit Indonesia,” ujar Presiden Jokowi, seperti yang dilansir dalam website Sekretariat Negara RI.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang
Image : Setkab R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here